2 Hari LDK, Ini Harapan Kegiatan Pramuka SMPN 8

2 Hari LDK, Ini Harapan Kegiatan Pramuka SMPN 8 – Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Surakarta membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu

Pengertian Dewan Penggalang atau Dewan Galang adalah organisasi Pramuka SMP yang beranggotakan para pemimpin regu. Dalam Pramuka Dianpinru merupakan akronim dari kegiatan Gladian Pimpinan Regu yang memiliki tujuan untuk melatih pemimpin regu, kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang.

Pengertian Dianpinru atau Gladian Pimpinan Regu adalah kegiatan Pramuka Penggalang yang ditujukan untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Pada hari, Sabtu dan Minggu, 8-9 Maret 2024 SMPN 8 Surakarta, dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu Pangkalan SMPN 8 Surakarta, Gugus Depan 04.099 dan 04.100 yang diikuti oleh 60 siswa terdiri dari Dewan Penggalang 09 berjumlah 28 siswa, Peleton Inti kelas 7 ada 32 siswa, Dewan Penggalang 08 sejumlah 16 siswa, Pembina 5 orang, Dewan Penggalang  Purna (Pendamping)  9 orang.

Menurut Koordinator Pelaksana, Christina Endah Setyowati, S.Pd., sekaligus Pembina Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Surakarta, menyampaikan kegiatan ini mengambil tema “Bersama Dalam Kontribusi, Bergerak Mencetak Prestasi”. Dalam tema bergerak bersama untuk meraih prestasi, acara kegiatan ini menjadi momen yang sangat berarti dalam mewujudkan mimpi dan ambisi mereka.

Tujuannya adalah membekali Dewan Penggalang dan Peleton Inti dengan pengetahuan keorganisasian dan kepemimpinan. Dewan Penggalang dan Peleton Inti dapat mempelajari kepengurusan Dewan Penggalang pada tahun-tahun sebelumnya. Memperbaiki kepengurusan, baik struktur organisasi, kualitas dan kinerja pengurus dalam memegang tanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tema itu mencerminkan semangat kolaborasi dan kebersamaan yang telah menjadi landasan dari pendidikan di SMPN 8 Surakarta. Dalam upaya untuk meraih prestasi, siswa-siswa didorong untuk bekerja sama sebagai tim, saling mendukung, dan menginspirasi satu sama lain. Dalam proses ini, mereka belajar untuk menghargai keberagaman, mengatasi hambatan, dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk sukses di dunia nyata.

Dalam Kegiatan LDK ini dilakukan di halaman pada hari Jumat, 8 Maret 2024 pukul 13.00 – 18.00 WIB. dibuka langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, sebagai Pembina, Triad Suparman, M.Pd. Menurut keterangan dari Triad Suparman, M.Pd. selaku Kepala SMPN 8 Surakarta, sekaligus Ka Mabigus Gudep 04.099/04.100 Pangkalan SMPN 8 Surakarta, menyampaikan pesan bahwa dalam mengikuti kegiatan ini seluruh anggota Dewan Penggalang maupun Pemimpin Regu diharapkan dapat mengamalkan Dasa Dharma ke 6 yaitu Rajin, Terampil, dan Gembira.

Beberapa Kakak Pembina mendampingi dan memberikan materi seperti Christina Endah S., S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd., Herviyanti Chandra P.,S.Pd., Dina Nur Afifah, S.Hum., Fahrul Fuad, S.Pd.. Sedangkan Pendamping Dewan Penggalang Purna antara lain: Anas Dawud Fathoni, Reza Ghani Abdul Aziz, Dendi Suharyono, Fadilla Arumi Wijayanti, Najwa Maharani Putri Daha, Talitha Amanda Vania Ardila, Salsabila Kuntum Robbani, Zahra Afina Ramadhani, dan Ghizela Artista Fauzan. Untuk pemberi materi yaitu dari Kwarcab dan Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K.

Dalam kegiatan ini siswa siswi dipilih dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9, kemudian didominasi peserta terbanyak dari kelas 8 dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 40 siswa dan siswi. Kegiatan ini dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Untuk teori di sampaikan di dalam kelas dan untuk praktek dilakukan di halaman sekolah.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan serta pemberian materi seperti: Dinamika Kelompok yang disampaikan oleh Ch. Endah S., S.Pd. membahas tentang interaksi dalam kelompok yang ditata dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan para anggota. PBB I, PBB II yang disampaikan oleh Dendi Suharyono, dengan penanggung jawab Panitia (Arya Sena). Peraturan Bari Berbaris (PBB) ; latihan fisik, disiplin, tanggung jawab dan partiotisme

Dilanjutkan Komunikasi  yang disampaikan oleh Fahrul Fuad, S.Pd. dengan penanggung jawab Rani. Setelah senam langsung sarapan pagi, kemudian penjelajahan antara lain: Pionering, KIM, Menajsir Tinggi, Semaphore, dan Sandi Morse, oleh Panitia (Fathoni dan Dendi).

Kegiatan pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 dimulai pada pukul 06.00 – 17.00 WIB. Diawali dengan olahraga pagi (senam)  di halaman penanggungjawab Talitha.

Pada pukul 10.00-11.00 WIB, Peningkatan Kapasitas Regu, penanggung jawab Zahra Endru, pemberi materi Muhammad Arief Hartono, S.P.W.K. Selesai Ishoma dilanjutkan dengan Public Speaking, penanggung jawab Fadila, pemberi materi dari Kwarcab.

Untuk Administrasi Gudep penanggung jawab Fina dan pemberi materi Herviyanti Chandra P.,S.Pd. Kepemimpinan penanggungjawab Raqindi dan Pembina Dina Nur A. S.Hum. Refleksi penanggung jawab Reza Ghani, pemberi materi Rori Khoirudin, S.Pd., M.Pd.

Upacara Penutupan dilakukan oleh Waka Kesiswaan dan Organisasi SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. Dengan menyampaikan harapan ada perubahan karakter kepada para siswa menuju generasi berjiwa Pancasila. Wahyu juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk terus mendukung putra putrinya di didik di sekolah ini agar dapat memiliki karakter yang mulia. Pada pukul 17.00 WIB. Sayonara.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Dewan Penggalang dan Gladian Pemimpin Regu SMPN 8 Surakarta tahun 2024 ini adalah diperoleh kepengurusan baru yang berkualitas, dapat berkoordinasi dengan baik, dapat memegang tanggung jawab dengan baik sebagai pengurus di periode selanjutnya serta dapat mengharumkan  nama Pramuka Gugus Depan 04.099/04.100 SMPN 8 Surakarta,” harapnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031