61 SISWA SMPN 8 IKUTI SELEKSI CALON PENGURUS OSIS – SMPN 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. mengadakan seleksi calon pengurus OSIS masa bakti 2024/2025.  Seleksi ini diikuti oleh sekitar 61 siswa kelas 7 dan 8 SMPN 8 Surakarta.  Seleksi ini bertempat di ruang Aula dan beberapa ruang yang berada di lingkungan sekolah.

Agenda tahunan dalam seleksi pengurus OSIS SMPN 8 Surakarta, seleksi dibuka untuk kelas 7 dan 8 yang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi OSIS. Seleksi ini mulai dilakukan pada tanggal Rabu – Kamis tanggal 17 – 18 Januari 2024 dan Sabtu, 20 Januari 2024, adapun tahap – tahap seleksi yaitu, tes tulis, tes wawancara dan tes baris – berbaris serta tes public speaking. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan, meningkatkan prestasi siswa SMPN 8 Surakarta khususnya di bidang intrakurikuler dan taat terhadap peraturan.

seleksi osis
seleksi osis

Seleksi pengurus OSIS kali ini dibagi menjadi 4 kategori, antara lain peraturan baris berbaris, tes tertulis, tes wawancara dan tes public speaking. Sebagai pelaksana kegiatan seleksi ini adalah para pengurus OSIS lama dengan bimbingan dan didampingi oleh guru – guru Pembina diantaranya: Hasan Efendi, S.Pd., Ika Sri Hastuti, S.Pd., Rori Khoirudin, M.Pd., Indang Sari H., M.Pd.

Menurut Waka bidang Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dalam pembukaaan menyampaikan bahwa kegiatan seleksi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan para calon anggota baru serta untuk menyeleksi, memilah, dan memilih calon anggota OSIS periode selanjutnya dari yang terbaik. Dengan harapan OSIS periode selanjutnya dapat lebih maju dan lebih berkembang dengan baik mengikuti era modernisasi seperti sekarang ini.

Seleksi dimulai pada hari Rabu tanggal 17 Januari 2024 pukul 14.20 WIB atau setelah pulang sekolah dengan kegiatan seleksi peraturan baris berbaris yang dilakukan di halaman SMPN 8 Surakarta. Dan untuk tes tertulis berada di ruang kelas 9B dan 9C.  Pearturan Baris Berbaris  dimulai pukul 14.50 – 15.15 WIB dan tes tertulis yang dimulai pada pukul 15.30 – 15.50 WIB.

Acara pembukaan dilakukan oleh Waka Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dan Gravida Raditya Hutama (Ketua OSIS). Dilanjutkan dengan Peraturan Baris Berbaris oleh Adi Putra Arya Sena. Sekaligus seleksi tes tertulis sebagai penanggungjawab Muhammad Faddhil dan Ahmad Fikar. Dan seleksi hari pertama berakhir pada pukul 16.00 WIB. Penutupan dipimpin oleh Gravida Raditya Hutama.

Seleksi hari ke-2 Kamis tanggal 18 Januari 2024 seperti hai sebelumnya, dimulai pada pukul 13.30 setelah pulang sekolah, mulai dari persiapan, kumpul, pembukaan, dan tes wawancara pada pukul 14.00 – 15.15 WIB sebagai penanggungjawabnya antara lain: Gravida, Volin, Arya Sena, Thomas, Lintang, Astie, Devi, Vania. Kegiatan diakhiri dengan penutupan pada pukul 15.40 WIB, pananggungjawab Gravida.

Seleksi pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2024 seleksi Public Speaking yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan kegiatan kumpul dan pembukaan. Selanjutnya dilakukan tes public speaking pada pukul 09.40 – 11.40 WIB, sebagai penanggungjawab antara lain: Bela, Adit, Tian, Rehan. Setelah selesai dilanjutkan dengan Isoma, dan kegiatan berakhir pada pukul 12.15 WIB, acara ditutup oleh Waka kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S,Pd. dan Gravida Raditya Hutama.

Perlu diketahui bahwa tes public speaking ini tidak hanya menguji keberanian para calon pengurus OSIS tetapi juga untuk melihat mental serta kesiapan calon pengurus OSIS ini untuk dimasukkan ke dalam kepengurusan OSIS tahun 2024/2025. Di dalam tes public speaking ini calon pengurus OSIS memperkenalkan diri serta menyebutkan visi misi dan program kerja yang akan mereka lakukan ketika terpilih menjadi pengurus OSIS. Setelah visi misi dan progra kerja disebutkan calon pengurus OSIS, dilanjutkan dengan pertanyaan yang diberikan para senior OSIS dan calon pengurus OSIS yang lain mengenai apa yang telah disebutkan dalam visi misi serta program kerja.

Nadilla Yasmine Atria kelas 7G salah satu peserta seleksi calon pengurus OSIS mengatakan bahwa dirinya merasa sedikit takut untuk mengikuti seleksi namun dirinya ingin melatih jiwa kepemimpinan, rasa percaya diri, serta melatih mental yang kuat serta ingin sekali ikut organisasi untuk mempelajari hal – hal yang baru dan pengalaman – pengalaman yang seru.

Sementara menurut Stifanus Rizky S, kelas 7C yang juga merupakan peserta seleksi calon pengurus OSIS mengatakan bahwa dirinya optimis untuk lolos menjadi pengurus OSIS walaupun sempat didera rasa deg – degan ketika seleksi wawancara.

Menurut Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, rencananya 29 Januari 2024 akan menyampaikan visi dan misi serta kampanye calon. Kegiatan ini akan diikuti dan disaksikan oleh semua warga sekolah baik, siswa, guru, karyawan maupun pengurus OSIS tahun sebelumnya.

Puncaknya pada hari Selasa taggal 6 Februari 2024 akan dilakukan debat calon ketua dan wakil ketua OSIS dan dilanjutkan dengan pemungutan suara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Rencana pesta demokrasi pemungutan dan penghitunagn suara pemilihan Ketua Umum, Ketua 1 dan Ketua 2 OSIS masa bakti 2024/2025 tersebut akan diselenggarakan secara langsung.

Ada 61 peserta calon OSIS yang mengikuti kegiatan ini dan akan diseleksi menjadi 40 peserta yang ditetapkan sebagai anggota OSIS periode 2024/2025. Panitia masih menjaring peserta yang layak menjadi kandidat ketua OSIS yang nantinya menjabat sebagai Ketua Umum, Ketua 1 dan Ketua 2.  Peserta seleksi OSIS sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang diberikan oleh panitia. Semoga bagi siswa yang terpilih lolos seleksi OSIS ini bisa menjadi contoh yang baik bagi seluruh siswa SMPN 8 Surakarta. Depanska Jaya!

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti
Share Post