Pembukaan P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika kelas 7 dan kelas 8 SMPN 8 Surakarta. P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika secara resmi telah dibuka oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Bapak Triad Suparman, M.Pd., dalam sambutannya Beliau menyampaikan berbagai macam keberagaman yang ada di Indonesia dan memotivasi siswa untuk mengikuti rangkaian acara P5 Tema 3 dengan antusias.

Sambutan dan motivasi terkait dimensi Bhineka Tunggal Ika berikut elemen yang ingin dicapai, selanjutnya disampaikan oleh Ibu Hesti Setyaningsih, S.Kom selaku Waka Kurikulum.

Setelah pembukaan dan sambutan di lapangan, kegiatan P5 dilaksanakan di dalam kelas. Untuk kelas 8, anak – anak menyaksikan tampilan PPT materi Bhineka Tunggal Ika pada jam ke-3 yang di tayangkan oleh guru. Selanjutnya pada jam ke-4 pembagian kelompok, 1 kelas terdiri 4 kelompok masing-masing beranggotakan 8 siswa (4 laki-laki dan 4 perempuan) atau menyesuaikan jumlah siswa dalam satu kelas. Pembagian kelompok ini ditentukan oleh guru.

Rangkaian Kegiatan P5 tema 3

Bhineka Tunggal Ika Hari ke-1

SMPN 8 Surakarta

Setelah itu dilanjutkan mengerjakan LK.1 Asesmen Awal sampai dengan selesai, kemudian presentasi LK.1 sesuai dengan kelompok. Dilanjutkan menyusun puzzle gambar, dilanjut diskusi kelompok dan presentasi dari hasil menyusun puzle. Kegiatan diakhiri pada jam ke-9 siswa mengerjakan Refleksi.

Sedangkan kegiatan P5 Tema 3 Kelas 7 hari pertama ini yaitu siswa menyimak materi PPT NKRI dan materi Keberagaman. Kemudian siswa mendapatkan LKPD Keberagaman, Guru membawa lembar LKPD untuk dibagikan kepada siswa, LKPD dikerjakan langsung pada lembaran kertas.

Materi berikutnya yaitu tentang Kuliner Nusantara, dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan undi pakaian adat di aula (teknis pembagian kelompok diserahkan kepada  Bapak/Ibu Guru Pengampu.

P5 Tema 3 Bhineka Tunggal Ika dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2024 – 25 Januari 2024.

Share Post