Jeda PSAS, Peserta Didik SMPN 8 Lomba Voly – Pengertian Classmeeting merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan tempat untuk mewadahi semua bakat dan minat peserta didik dalam bidang tertentu seperti olahraga, seni dan kreativitas lainnya yang dimiliki oleh Peserta Didik.

Setelah beberapa bulan mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas, akhirnya Peserta Didik SMPN 8 Surakarta sudah menyelesaikan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) di tahun ajaran 2023/2024.

Usai menjalani Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Gasal selama sepekan, Peserta Didik SMPN 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. mengikuti kegiatan jeda semester, Senin – Rabu tanggal 11 – 13 Desember 2023.  Kegiatan jeda semester merupakan kegiatan tahunan sekolah untuk mengisi penggalan paruh waktu yang ada pada semester gasal.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan classmeeting ini adalah untuk memupuk serta menjalin persahabatan dan kebersamaan antar siswa untuk menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi. Menumbuhkembangkan rasa percaya diri, jujur, disiplin, dan sportivitas yang bertanggungjawab pada diri Peserta Didik. Mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki Peserta Didik. Perlu diketahui bahwa di SMPN 8 Surakarta saat ini menggunakan 2 (dua) kurikulum. Untuk kelas 9 menggunakan Kurikulum 2013 sedangkan untuk kelas 7 dan 8 menggunakan Kurikulum Merdeka.

Kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester sudah dilakukan beberapa hari yang lalu,  selain menjadi sarana evaluasi pembelajaran, juga menjadi sarana melatih tanggung jawab, kejujuran, dan perilaku disiplin siswa. Selama PAS/SAS, siswa belajar untuk lebih bersungguh – sungguh dalam mengikuti ujian. Banyak hal menjadi pembelajaran bagi siswa, salah satunya melatih kejujuran.

Nilai bukan sekadar angka, tapi proses untuk mendapatkannya akan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Siswa yang jujur, akan bersungguh – sungguh dalam mengerjakan. Tak hanya itu, kejujuran di bangku sekolah menjadi sarana latihan siswa untuk mempersiapkan mental belajar dan berperilaku jujur dalam kehidupan sehari – hari dan masa depan.

Selanjutnya dilakukan jeda denga melakukan kegiatan class meeting. Jenis kegiatan yang diadakan pertandingan Volly dengan peserta yang terdiri dari Peserta Didik  kelas 7, 8, 9 ( campuran putra putri) yang memiliki kemampuan untuk  bidang pertandingan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin – Rabu tanggal 11 –  13 Desember 2023.

Waktu pelaksanaan Senin, 11/12/23 kegiatannya adalah senam bersama, babak penyisihan kelas 7 dan 8. Hasilnya team yang berhasil masuk ke babak perempat final kelas 7 dan 8.

Sedangkan pada hari Selasa, 12 Desember 2023, kegiatan babak penyisihan kelas 9, babak perempat final. Hasil team yang berhasil masuk ke babak perempat final kelas 9. Dan hari terakhir Rabu, 13/12/23 final Bola Volly kelas 7, 8, 9, hasilnya juara I, II,III kelas 7, 8, dan 9.

Wajah ceria, semangat dan antusias terus dipancarkan para Peserta Didik SMPN 8 Surakarta karena sudah melalui masa tegang. Dari kegiatan jeda semester ini memberikan dampak yang sangat postif bagi Peserta Didik. Antusias Peserta Didik juga terlihat dengan diikutinya  cabang lomba oleh seluruh kelas yang ada. Semua kelas saling melakukan yang terbaik agar menjadi juara dan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh sekolah. Dengan antusiasnya seorang peserta lomba volly mengungkapkan rasa senang banget bisa ikut lomba ini,  dan jika menang bisa dapat hadiah.

Kemeriahan acara classmeeting ini tak lepas dari adanya dukungan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, yaitu Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. beliau mengungkapkan semoga dengan adanya kegiatan classmeeting ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahim antar kelas baik kelas 7, 8 maupun kelas 9. Meskipun pertandingan ini hanya diadakan antar kelas, tetapi marilah kita berpartisipasi dengan mengikuti lomba – lomba di classmeeting ini dengan semangat dan sportif tanpa ada kecurangan apapun agar acara classmeeting ini dapat berjalan dengan lancar.

Untuk hari Kamis, 14/12/23 acara melanjutkan kegiatan babak penyisihan yang masih belum selesai sekaligus kebersihan dalam rangka menerima kehadiran Orang Tua saat penerimaan Rapor (Jum’at, 15 Desember 2023).

Kegiatan  Class Meeting ini diikuti seluruh kelas 7, 8, dan 9 didampingi  Bapak dan Ibu Guru, Karyawan SMPN 8 Surakarta. Adapun hasil kejuaraan jeda semester tersebut di umumkan pada hari Kamis tanggal 14 Desember 2023. Hasil perlombaan Volly yang menjadi pemenang adalah kelas 7D,  Kelas 8G dan kelas 9C. Sebagai pemenang yang menjadi juara ini nanti akan mendapatkan hadiah dari sekolah berupa alat tulis.

Selain ajang refresing juga sebagai ajang penyebaran potensi – potensi bagi Peserta Didik. Seperti Volley, selain berolahraga bisa membuat tubuh bugar sehingga tetap menjaga imun tubuh disaat berakhirnya pandemi saat ini ( harapan bersama).

Menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd., menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan sekolah untuk mengisi waktu jeda semester dengan kegiatan yang positif yaitu lomba Volly. Lomba Volly dipilih dengan alasan seperti olahraga pada umumnya bahwa olahraga ini menawarkan segudang manfaat kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan koordinasi tubuh khususnya mata dan gerak tangan.

Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan bahwa jeda semester yang dilakukan oleh SMPN 8 Surakarta ini, sebelum jeda semester Peserta Didik sudah diolah pikirannya untuk mereka sebagai bekal masa depannya. Oleh karena itu diadakan classmeeting untuk menyeimbangkan dengan kesehatan fisik Peserta Didik sehingga  menjadi sehat hati dan fikiran, serta membuat gembira.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. mengatakan, bahwa classmeeting ini dilaksanakan, karena Peserta Didik telah melaksanakan penilaian sumatif akhir semester ganjil, dan saat ini juga hasil evaluasi dari kegiatan pembelajaran selama satu semester (6 bulan) sedang dilakukan pengkoreksian atau pemeriksaan, jelang rapor dibagikan.

Di sela – sela kegiatan, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan ucapan apresisasi kepada pemenang lomba dan seluruh panitia yang bekerja dengan baik. Mengikuti perlombaan tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual. Mengikuti lomba juga mengasah softskill kita, misalnya menerima kekalahan, bersikap sportif, belajar disiplin, dan saling menghormati antar peserta.

Harapan Kepala Sekolah, bahwa kedepan seluruh Peserta Didik harus siap masuk tahun 2024 (Semester Genap) dengan penuh semangat. 

Link Fungallery

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti
Share Post