Ini Kunci Capaian Rapor Pendidikan Agar Maksimal

Inovasi Sekolah Menjadi Kunci Peningktan Capaian Rapor Pendidikan Daerah-Kepala BBPMP(balai besar penjaminan mutu pendidikan) Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti saat memberikan penguatan kepada peserta FGD  Peningkatan Sebaran Pendidikan Berkualitas: Merumuskan Konsensus Pemerintah, Sekolah, serta Guru di Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 26-Okt-22 di hadapan peserta yang berasal dari Kabupaten sebagai mitra program PINTAR Tanoto Foundation.

Inovasi yang dilakukan oleh sekolah dan Dinas Pendidikan menjadi kunci peningkatan capaian Rapor Pendidikan daerah. Praktik baik oleh guru, kepala sekolah, Pengawas Sekolah serta Dinas Pendidikan perlu disebarluaskan kepada lembaga pendidikan di lain daerah, ungkap Kepala BBPMP Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti.

Nugraheni Triastuti
Nugraheni Triastuti

Inovasi yang dilakukan oleh sekolah dan Dinas Pendidikan menjadi kunci peningkatan capaian Rapor Pendidikan daerah. Praktik baik oleh guru, kepala sekolah, Pengawas Sekolah serta Dinas Pendidikan perlu disebarluaskan kepada lembaga pendidikan di lain daerah, ungkap Kepala BBPMP Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti.

Melalui platform Rapor Pendidikan Daerah, maupun Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan yang bertujuan agar dapat mengindentifikasi berbagai tantangan atau masalah sebagai bahan refleksi atau evaluasi dalam menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat sasaran yang berbasis data dan bisa diselesaikan berdasarkan rekomendasi dalam program yang harus diselesaikan satuan pendidikan maupun Daerah untuk capaian mutu.

“ Capaian mutu pendidikan dapat dilihat dari 5 dimensi, yaitu 1) literasi, 2) numerasi, 3) keamanan lingkungan belajar, 4) kebhinekaan dan 5) karakter. Dengan Rapor Pendidikan ini kita dapat memberikan informasi tentang hasil evaluasi pendidikan berupa AN(Asesmen Nasional) bersama sumber data lainnya. Sehingga satpen (satuan pendidikan) dan Daerah dapat membuat perencanaan kebijakan dan program pendidikan secara lebih terarah, dalam upaya mencapai tujuan – tujuan pendidikan yang berkualitas bagi generasi kita kelak di masa mendatang ” Jelasnya.

Adapun Profil dan rapor pendidikan daerah dipergunakan oleh pemerintah daerah untuk advokasi, konsultasi dan pendampingan serta menyusun kebijakan dan program termasuk dukungan kepada pemanfaatan PMM(portal merdeka mengajar) dan pendampingan bagi sekolah pelaksana IKM(implementasi kurikulum merdeka).

“Profil dan rapor satuan pendidikan dipergunakan sebagai data evaluasi diri dalam menyusun program satuan pendidikan untuk peningkatan mutu dan instrumen mengukur keberhasilan di tingkat satuan pendidikan dan Daerah”. tambahnya lagi.

Nugraheni menambahkan bahwa diperlukan inovasi dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan melalui peran masing – masing untuk terus berkarya memberikan yang terbaik bagi peningkatan capaian literasi numerasi Murid. Disamping itu juga agar Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di Kabupaten Mitra program PINTAR Tanoto Foundation bisa menjadi model bagi sekolah lain untuk praktik baik.

“Praktik baik yang dilaksanakan oleh Kabupaten mitra program PINTAR Tanoto Foundation bisa didiseminasikan dan  menjadi model bagi sekolah lain untuk bersama meningkatkan mutu pendidikan melalui pembelajaran dan manajemen inovatif yang sudah dilakukan oleh sekolah mitra”. Tegasnya lagi.

Semua langkah itu akan menjadi kuat apabila didukung oleh anggaran dan regulasi dari Pemerintah daerah, agar pemangku kepentingan juga memahami IKM/Implementasi Kurikulum Merdeka, Rapor pendidikan, Perencanaan Berbasis Data, sehingga melalui regulasi dan dukungan anggaran dari Pemda betul – betul  nyata sesuai harapan, dan rekomendasi pada rapor pendidikan.

“ Kami melaksanaman audiensi dengan Pemerintah daerah dan DPRD terutama Komisi IV yang membawahi masalah pendidikan, dukungan anggaran dan regulasi sangat diharapkan agar sekolah semakin maju, bermutu dengan adanya intervensi dan apresiasi dari Pemda ”. Terangnya.

Inovasi yang dilakukan oleh kepala sekolah, Pengawas Sekolah, Dinas Pendidikan membutuhkan dukungan pemangku kepentingan sebagai tanggungjawab bersama mengawal pendidikan dan meningkatkan capaian rapor pendidikan di daerah.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

October 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31