Ini Cara Mendaftar UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) Tahun 2022 di SMPN 8 Solo.

Ini Cara Mendaftar UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) Tahun 2022 di SMPN 8 Solo. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan.

Kepala SMP Negeri 8 Solo, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam informasi Dinas di Ruang Guru bahwa menjelang UKBI Peserta Didik harus ada persiapan terlebih dahulu. Hal itu untuk memperlancar jalannya kegiatan UKBI yang akan dilaksanakan bulan depan. Selain itu juga agar Peserta Didik lancar dalam mengoperasikan komputer.

Perlu diketahui bahwa untuk mata pelajaran TIK sudah dihapus, namun kenyataannya Peserta Didik diwajibkan untuk mengikuti UKBI yang menggunakan komputer. Hal inilah yang menjadi pemikiran dari Kepala Sekolah untuk mengadakan persiapan. UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis.

Selama tiga hari, Selasa – Kamis, tanggal 26 – 28 April 2022 Peserta Didik kelas 8 berjumlah 250 orang, melakukan persiapan pendaftaran UKBI. Kenyataannya banyak Peserta Didik yang masih kebingungan mengoperasikan komputer. Bahkan untuk pegang dan  ngeklik mouse, huruf besar, spasi, ngopy, ngeblok saja masih kebingungan. Apalagi untuk mengoperasikan, mulai dari membuka sampai menutup kembali.

Hari Selasa dan Rabu yang melakukan pendaftaran tiga kelas, dan hari Kamis dua kelas. Setiap kelasnya berjumlah 32 orang. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium TIK SMP Negeri 8 Solo.

Alur pendaftaran yang akan dilakukan untuk UKBI adalah dimulai dengan pendaftaran, Verifikasi, Penjadwalan, Konfirmasi, Pelaksanaan, dan Sertifikat. Berkaitan dengan aspek keterampilan berbahasa dan pengetahuan bahasa itu, UKBI berisi lima seksi berikut. Seksi ini bertujuan mengukur kemampuan memahami informasi yang diungkapkan secara lisan, baik dalam bentuk dialog maupun monolog. Seksi ini terdiri atas 40 butir soal pilihan ganda dengan alokasi waktu 25 menit. Wacana lisan dalam bentuk 4 dialog dan 4 monolog. Setiap dialog dan monolog terdiri atas 5 butir soal.

Hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia ( UKBI ) peserta uji dipetakan ke dalam tujuh peringkat, predikat, dan rentang skor. Ketujuh predikat dapat diserangkaikan dalam satu ungkapan Isu Unggul Managitas (Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas).

Predikat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang sempurna dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Dengan kemahiran ini yang bersangkutan tidak memiliki kendala dalam berkomunikasi untuk keperluan personal, sosial, keprofesian, dan keilmiahan.

Kepala SMP Negeri 8 Solo juga menyampaikan terkait dengan spesifikasi yang diperlukan, untuk bisa melakukan UKBI Adaftif, Peserta  Didik harus menggunakan komputer ataupun laptop, dan memiliki akses internet yang kecepatannya minimal 10 mbps. Akses internet ini harus dipastikan bekerja dengan baik, sebelum peserta mengikuti ujian.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran yaitu dengan menyiapkan 1) Pas foto berwarna terbaru, 2) Pindai kartu pelajar, 3) Nomor Po-sel (email yang aktif) dan juga no. HP.

Cara dan langkah mendaftar jadi Peserta UKBI Adaptif Merdeka, Aplikasi UKBI. Buka aplikasi tes UKBI melalui browser atau peramban dengan mengetikkan alamat url https://ukbi.kemdikbud.go.id/pendaftaran/pelajar. 3 Tahapan pendaftaran UKBI yaitu 1) Isi data Peserta. Yang meliputi paket soal, data peserta tes, tempat tes, dan detail tes UKBI. 2) Informasi Akun. Isiannya meliputi Pos-el (email),  kata sandi/password yang akan digunakan untuk login ke web UKBI. 3) Pratinjau, yang mana ini untuk mengecek keseluruhan isian data kita. Dan terakhir tinggal klik kirim.

berikut screen shootnya:

1) Isi data Peserta.

2. Info Akun

3) Pratinjau

Materi UKBI berupa penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai situasi dan laras, seperti sejarah, kebudayaan, hukum, teknologi, dan ekonomi. Materi itu berasal dari berbagai sumber, baik wacana komunikasi lisan sehari-hari di masyarakat maupun wacana tulis di media massa, buku acuan, dan tempat umum.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

April 2022
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930