Bukan Piknik, Ini yang Dilakukan Keluarga Besar SMPN 8 Solo di Gajah Mungkur

Bukan Piknik, Ini yang Dilakukan Keluarga Besar SMPN 8 Solo di Gajah Mungkur-Agenda rutin yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha tetap diselenggarakan oleh pihak sekolah meski dalam suasana pandemi. Pengajian yang diadakan pada hari Minggu, 13 Maret 2022 pukul : 09.00 WIB – selesai di Jl. Raya Wonogiri-Praci Km. 7 Jajar, Sendang, Wonogiri. Pengajian yang dilakukan pada saat ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan pengajian  dengan pembawa acara Imam Khoirudin, M.Ag. diawali membaca ayat suci AlQur’an Surat Yuyuf  80 -93 yang dipimpin oleh Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. dan dilanjutkan membaca tejemahannya oleh Nur Barokah, S.Pd.I. Kemudian sambutan dari Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan bahwa Alquran merupakan kunci utama dalam kehidupan. Jika berpedoman pada kitab suci dalam kehidupan sehari-hari, maka dunia akan menjadi kecil untuk kita. Selain itu juga harus bersyukur dengan apa yang kita miliki, bisa bersikap toleransi, dan mau menghargai orang lain. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh Guru dan Karyawan dapat menambah ilmu serta memperkuat iman dan taqwa. Selan itu untuk meningkatkan pemahaman, pembiasaan nilai-nilai luhur keagamaan, dan diharapakan terbentuk budaya yang Religius bagi seluruh warga sekolah.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan siraman rohani kepada guru sebagai penyegaran dalam kesibukan kerja setiap harinya. Perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani, sehingga memperkuat penanaman karakter mulia yang dampaknya sangat berpengaruh terhadap pola asuh dan bimbingan kepada para siswa yang pada akhirnya akan mampu membentuk karakter siswa yang mulia sesuai dengan harapan kita semua.

 Kemudian dilanjutkan oleh narasumber Ust. Abdi Sambodo, Al Hafidz, menyampaikan  Hadits tentang kisah sahabat nabi Tholhah bin Ubaidillah nama lengkapnya adalah Thalhah bin Ubaidillah bin Usman bin Kaab bin Said. Selain itu juga memiliki julukan sebagai burung elang saat Perang Uhud berlangsung.

Julukan itu diberikan kepada Thalhah karena Thalhah memiliki kelebihan layaknya elang, yaitu memiliki tatapan mata yang tajam. Kelebihan pertamanya adalah selalu menjadi yang paling depan dalam berbagai peperangan. Layaknya sahabat yang lain, Thalhah bin Ubaidillah selalu memilih menjadi yang pertama untuk menyerang musuh dan mendobrak agar pasukan muslimin bisa masuk kearah musuh.

Hadist Rasulullahyang isinya bahwa orang yang bakal bertemu dengan Alloh kelak adalah orang yang amalnya baik ketika memanfaatkan usianya di kala masih hidup. QS Az-Zumar:73 “dan orang-orang yang bertaqwa kepada Tuhannya diantar ke surge secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya ( Surga ) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka “Kesejahteraan ( dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Masuklah kamu kekal di dalamnya”.

Ini adalah kehormatan  ( bagi mereka). Dan sungguh, bagi orang-orang yang bertaqwa ( disediakan ) tempat kembali yang terbaik, yaitu surge ‘And yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka. Dalam surge itu mereka memperoleh berbagai macam kenikmatan dan kesenangan yang belum pernah terpikirkan oleh siapapun di dunia ini. Nikmat dan karunia yang demikian itu dapat dicapai dengan berbagai macam amal dan ibadah yang dikerjakan oleh manusia selama hidupnya di dunia.

Dalam ceramahnya beliau juga menyampaikan agar kita tetap istiqomah dalam beribadah pasca bulan ramadhan. Inilah yang membuat peserta pengajian berdiam diri sambil mengaminkan semua yang disampaikan oleh Ustad. Untuk kali ini memang Ustadnya sangat menyenangkan dalam arti cara penyampaian materinya.

Berdasar ayat tersebut kita ketahui bentuk ibadah yang lain yaitu membaca Al-Qur’an dan melaksanakan salat. Tentunya tidak hanya sekedar membaca, tetapi juga mempelajari dan mengamalkan ajarannya. Jika semua diamalkan tentu pahala besar akan kita dapat. Kemudian melaksanakan salat merupakan kegiatan menegakkan tiang agama, mengokohkan keimanan dan ketakhwaan kita. Asal dilakukan sesuai syari dan sungguh-sungguh insya Allah akan menjaga dan mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar.

Sebagai panitia pengajian SMP Negeri 8 Surakarta pada bulan ini antara lain : Sri Triwulan, S.Pd., Rekyan Pamusthi, S.Pd., Sri Murwani, S.Pd.,Biyanto, S.Kom., dan Abdul Rohman Shofa ,SE.,  menyiapkan segala kebutuhan antara lain tempat, peralatan sound  dan konsumsi. Pengajian ini berakhir pada pukul 12.30 WIB dan sebelum pulang seperti biasanya yaitu foto bersama.

Semoga dengan diadakannya pengajian ini mendapat manfaat yang begitu besar positifnya, di dalam pengajian-pengajian manfaat yang dapat diambilnya menambah dari salah satu orang yang biasa berbuat negatife dengan memanfaatkannya menjadi positif. Dan semoga dapat bermanfaat untuk mengubah diri atau memperbaiki diri dari perbuatan yang keji dan mungkar.

.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

March 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031