PANDAN (Pandanus amaryllifolius)

Pandan adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pandan telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Penelitian terkait manfaat daun ini memang masih terbatas, tetapi berikut adalah beberapa potensi yang telah ditemukan.

1. Membantu menurunkan gula darah

Kandungan daun pandan memiliki sifat antihiperglikemik, yakni membantu menurunkan gula darah. Menurut penelitian Pharmacognosy Magazine, ekstrak pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa lebih dulu).

Ekstrak tanaman ini bekerja dengan merangsang produksi insulin dari pankreas. Insulin adalah hormon yang mengubah kelebihan gula menjadi cadangan energi tubuh. Dengan cara ini, kadar gula darah yang tinggi bisa lebih terkendali.

2. Membantu pengobatan kanker

Berdasarkan sebuah penelitian pada 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek beracun terhadap sel kanker dan mampu menghambat pembelahan sel yang abnormal. Bahan ini juga berpotensi menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Penelitian tentang manfaat pandan untuk mengatasi kanker memang masih perlu dikaji lebih lanjut. Akan tetapi, para ahli sepakat bahwa tak menutup kemungkinan tanaman ini dapat membantu pengobatan kanker di masa yang akan datang.

3. Menetralkan racun dalam tubuh

Ternyata bukan hanya air kelapa hijau yang mampu menetralkan racun dalam tubuh. Daun pandan yang selama ini Anda gunakan dalam masakan juga dikenal ampuh untuk detoksifikasi racun yang tertinggal, terutama di dalam hati.

Tidak hanya menetralkan, tanaman ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran agar keluar dari tubuh. Banyak orang bahkan menggunakan pandan sebagai obat pencahar alami yang ringan dan aman saat sedang kesulitan buang air besar.

4. Membantu meringankan gejala arthritis

Penyakit arthritis menyebabkan peradangan, nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian. Menurut pengobatan Ayurveda, Anda dapat meringankan gejala tersebut dengan mengoleskan campuran minyak kelapa dan potongan daun pandan.

Beberapa penelitian menyebutkan kandungan akar dan minyak dari daun pandan memiliki khasiat antiradang yang bermanfaat bagi sendi. Akan tetapi, temuan ini masih perlu dikaji lebih lanjut karena sebagian besar penelitian baru dilakukan terhadap hewan.

5. Meredakan nyeri

Pandan mungkin dapat menjadi obat pereda nyeri alternatif bagi Anda. Pasalnya, daun ini memiliki sifat analgesik yang membantu meredakan sakit kepala, nyeri dada, kram perut, hingga nyeri akibat radang sendi.

Sumber : https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-pandan/ https://en.wikipedia.org/wiki/Pandanus_amaryllifolius

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28