KEMANGI (Ocimum africanum)

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Daun kemangi mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, betakaroten, kalsium, magnesium, fosfor, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, flavonoid, arginin, anetol dan boron.

Manfaat Kemangi

  • Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, karena memi­liki antioksidan yang berupa flavonoid dan eugenol yang mempu mencegah pertumbu­han bakteri, virus dan jamur, yang sangat baik untuk mela­wan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

  • Membantu Pertumbuhan Tulang

Daun kemangi dapat membantu pertumbuhan tu­lang. Hal ini disebabkan karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor, yang memiliki peran penting untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Selain itu, kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi berperan aktif dalam merangsang fungsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon androgen, ser­ta mencegah pengeroposan tulang.

  • Membantu Memperlancar Aliran Darah

Daun kemangi juga dapat berhasiat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh, karena mengandung magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun ke­mangi memiliki kandungan betakaroten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Betakaroten juga dapat bermanfaat sebagai sin­tesis protein, sehingga mendukung proses per­tumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan betakaroten tersebut juga dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pengli­hatan.

  • Membantu untuk Mencegah Kemandulan

Daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan api­genin fenkhona yang dapat membantu mening­katkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

  • Mengobati Panu

Daun kemangi dapat digunakan sebagai obat panu dengan cukup mudah. Caranya ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Untuk hasil optimal sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

  • Mengobati Sariawan

Caranya dengan ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Un­tuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28