Akreditasi SMPN 8 Surakarta

Akreditasi SMPN 8 Surakarta-Pengertian Akreditasi sekolah adalah sebagai hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu Sekolah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. bisa juga diartikan sebagai proses evaluasi serta penilaian kualitas sebuah institusi.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Selanjutnya pada pasal 1 ayat 6 dijabarkan bahwa sekolah/madrasah adalah bentuk satuan pendidikan formal yang meliputi salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP), misalnya SMPN 8 Surakarta ini.

Jangka waktu Pelaksanaan Akreditasi pada Satuan Pendidikan(satpen) dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali. SMPN 8 Surakarta melaksanakan akreditasi sekolah pada tahun 2018 yang lalu, ini terbukti dengan melakukan pengecekan disitus resmi badan akreditasi nasional sekolah/madrasah (BANSM) yaitu https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi . Hasilnya adalah Akreditasi SMPN 8 Surakarta mendapatkan nilai “A”.

Cara melakukan pengecekan akreditasi sekolah yaitu:

  1. Kunjungi situs resmi BANSM berikut: https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi
  2. Temukan Informasi Akreditas Sekolah, Sekolah mana yang ingin Anda ketahui dengan menyiapkan data provinsi, kab/kota, jenjang, status, tahun akreditasi, dan yang tidak kalah penting adalah NPSN (nomor pokok sekolah nasional) sekolah yang ingin kita cek akreditasinya, misalnya SMPN 8 Surakarta dengan NPSN 20328087
  3. Berikutnya adalah tinggal klik tombol “CARI SEKOLAH”
  4. Lihat hasil pencarian pada tabel “HASIL PENCARIAN DATA SEKOLAH” yang berisi no, NPSN, sekolah, tahun akreditasi, peringkat/nilai akreditasinya berupa huruf A, B, atau C

nah seperti apa ya wujud sertifikat akreditasi milik SMPN 8 Surakarta? yuk klik link berikut ini: https://smpn8solo.sch.id/akreditasi-smp-n-8-surakarta/ Demikian informasi akreditasi dari SMPN 8 Surakarta, semoga bermanfaat. Salam sehat dan semangat untuk kita semuanya.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31