Pengumuman Kelulusan dan Penyerahan Kembali Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. pada hari ini Jum’at tanggal 4 Juni 2021 pada pukul 15.00 WIB mengadakan acara  penyerahan kembali Peserta Didik kelas IX melalui virtual. Acara penyerahan kembali dilakukan melalui aplikasi zoom  mulai pukul 15.00WIB  sampai  selesai untuk kelas IXa sampai  IX h. Acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Waka Humas, Muji Widodo, S.Pd.Fis. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Ch. Endah Setyawati, S.Pd.

Pembawa acara, Muji Widodo, S.Pd.Fis. menyampaikan susunan acara penyerahan kembali Peseerta Didik kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta antara lain :Pembukaan, menyanyikan lagi Indonesia Raya, Doa yang dipimpin oleh Darwanto, S.Pd. Dilanjutkan dengan laporan Wakil Kepala Bagian Kesiswaan sekaligus  Ketua Panitia oleh Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. Wahyu menyampaikan bahwa Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021 sejumlah 256 terdiri dari 151 Peserta Didik Putra dan 105 Peserta Didik Putri telah mengikuti ujian.

Penyerahan kembali Peserta Didik kelas IX tahun pelajaran 2020 / 2021 dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada Ketua Komite, Dilanjutkan sambutan yang dimulai oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd.  Tepat pukul 16.00 WIB menyampaikan pengumuman kelulusan. Melalui rapat penegas kelulusan dewan yuri dan disampaikan berdasarkan syarat kelulusan yang tertuang dalam kurikulum bahwa tahun ini kelas IX dinyatakan  lulus 100 %.

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd.  menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua baik secara langsung di ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta maupun yang ada di rumah masing-masing melaui zoom / secara virtual. Disampaikan juga bahwa menurut kalender akademik bahwa tanggal 4 Juni adalah pengumuman kelulusan siswa SMP, akan diumumkan pukul 16.00 WIB.  Harapan Kepala Sekolah, bahwa dari sekolah menghantarkan peserta didik yang  dinyatakan lulus semoga dapat melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya.

Selanjutnya disampaikan juga dengan pengembangan budaya sekolah di SMP Negeri 8 Surakarta sangat konsen dengan implementasi Program Penguatan Karakter yang sekarang dilanjutkan dengan pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang mewujudkan siswa memiliki karakter Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.

Proses pembelajaran semester genap ini juga masih terganggu, sampai akhir tahun  pelajaran 2020/2021, siswa harus belajar dari rumah dengan pantauan guru dan orang tua masing-masing. Kepala Sekolah  secara khusus untuk kelas IX yang dinyatakan lulus menyampaikan selamat atas kelulusan kalian. Selanjutnya atas nama keluarga besar SMP Negeri 8 Surakarta menyampaikan kepada orang tua siswa untuk menyerahkan kembali sepenuhnya dan berharap juga berdoa semoga anak-anak semua dapat melanjutkan ke jenjang SMA/SMK yang diminati.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Komite, Ngatman, S.Pd. menyampaikan ucapan yang tulus setingi-tingginya yang telah mendidik , membimbing, membina, menampingi dan mengawasi Peserta Didik yang lulus 100 %. Semoga kerja keras dan ikhlas semuanya menjadi amal kebaikan bagi Bapak Ibu Guru. Atas nama Komite Sekolah semoga Peserta Didik yang lulus bisa melanjutkan ke sekolah yang sesuai dengan cita-citanya. Menjadi orang yang berkarya, kreatif, inovatif dan tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi. Harapannya agar Peserta Didik harus mau menjadi alumni SMP Negeri 8 Surakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari  Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs. Sutrisno, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan bahagia meskipun dalam suasana keprihatinan akibat pandemi, namun bisa mendampingi Peserta Didik dengan baik dan berhasil dengan hasil yang membanggakan. Dan semuanya lulus dengan nilai yang baik. Peserta Didik harus merasa yakin dimanapun sekolah nanti, tetap percaya diri yang penting bisa sukses.

Acara penyerahan kembali  ini juga bekerja sama dengan Orang Tua dan Peserta Didik dengan mengikuti petunjuk yang sudah disampaikan lewat WA grup antara lain dengan menginstal aplikasi zoom. Peserta Didik juga diminta untuk join meeting room mulai pukul 15.00 WIB  yang diawali dengan presensi. Siswa memakai seragam OSIS lengkap ketika mengikuti penyerahan kembali secara virtual, apabila memungkinkan didampingi Orang Tua dari rumah masing-masing.

Perwakilan yang disampaikan oleh Abid Wicaksono kelas IX  Peserta Didik tentang kesan, merasa cinta atas keunggulan SMP Negeri 8 Surakarta. Bangga atas prestasi yang didapat atas bimbingan yang disampaikan oleh Bapak / Ibu Guru SMP Negeri 8 Surakarta. Tidak lupa memohon maaf apabila ada  kesalahan. Dan disampaikan doa semoga SMP Negeri 8 Surakarta selalu bisa menjadi sekolah idaman, baik secara akademik dan non akademik, SMP 8 semakin Jaya. Untuk adik-adik kelas VII dan VIII  harapannya agar terus menerus  meningkatkan prestasi dan  jangan meniru perbuatan/ kelakuan buruk kami.

Dilanjutkan dengan ucapan selamat jalan dari perwakilan OSIS olehRamaditya, selamat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Titip nama baik almamater agar selalu bisa menjadi idaman. Teriring doa semoga kakak-kakak sukses di sekolah yang diimpikan dan menjadi bintang. Kami akan meneruskan semangat dan mengambil tauladan selama kakak-kakak menuntut ilmu di sekolah tercinta ini.

Mengingatkan kembali bahwa SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan penyerahan kembali siswa kelas IX melalui virtual. Alhamdulillah SMP Negeri 8 Surakarta lulus 100% dalam situasi yang sedang pandemi ini. Peserta Didik yang lulus tahun ini ke jenjang berikutnya merupakan yang kedua kali mengikuti pengumuman kelulusan dan penyerahan kembali sekolah secara live  streaming. SMP Negeri 8 Surakarta yang sudah siap dengan jaringan internet dan perangkat penyiaran langsung menggelar live streaming dengan mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Kegiatan penyerahan kembali Peserta Didik SMP Negeri 8 Surakarta ini di ruang Aula gedung sekolah disiarkan secara langsung di kanal youtube sekolah dan hanya melibatkan guru dan anak berprestasi  ( 8 siswa ). Untuk siswa yang berprestasi mendapatkan penghargaan dari sekolah.  Sementara bagi siswa-siswi kelas IX, walaupun kegiatan live streaming ini bisa mengobati rasa rindunya, namun sedih masih terasa karena baru beberapa kali bertemu dengan teman-teman sekolahnya ketika Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ). Semua Peserta Didik  harus terus belajar. Tidak boleh lelah, karena tidak belajar akan menciptakan kebodohan, sedangkan kebodohan adalah bencana. Belajar itu seperti mengayuh sepeda, harus tetap dikayuh agar samapi ke tujuan.

Jangan lupa subscribe ya link youtube  channel Depanska official. Acara ini dilakukan di ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta.  Ini merupakan pengalaman yang kedua kalinya, biasanya dilakukan dengan tatap muka, tetapi ini secara virtual. Namun demikian tidak akan menghilangkan esensi dari penyerahan kembali  Peserta Didik  SMP Negeri 8 Surakarta.

Tradisi penyerahan kembali Peserta Didik ini mengandung makna agar Peserta Didik memiliki motivasi dalam meningkatkan semangat belajar. Apalagi tantangan dalam menuju pendidikan lebih tinggi akan lebih berat lagi. Acara ini juga menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak hingga mengenakan masker. Terlihat guru-guru dengan seragam jasketnya warna hitam dengan masker yang beraneka ragam  menambah indahnya suasana lingkungan SMP Negeri 8 Surakarta.

Acara penyerahan kembali siswa-siswi ini selesai pada pukul 17.00 WIB dilanjutkan dengan hiburan secara virtual. Dan pemberian kado dari Bapak / Ibu Guru berupa kata-kata manis untuk  Peserta Didik. Selanjutnya dilakukan dengan foto bersama, kemudian pulang. Kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Walaupun masih ada beberapa yang  masih kurang misalnya waktu live suara bergema. Mudah-mudahan yang akan datang sudah tidak ada lagi kendala yang muncul, permohonan maaf dari SMP Negeri 8 Surakarta. Semoga Depanska tetap Jaya dengan visi Mantap Berkarya.

source: wartabengawan.news

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

June 2021
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930