“Di kayu salib, maka melalui pertolongan Roh Kudus, kita dapat menghasilkan banyak buah yang baik bagi Yesus. Dan ketika kita menghadapi percobaan, pengujian, atau hukuman dari Allah, kita     dapat bersukacita karena    Allah memberikan kesempatan bagi kita untuk menghasilkan buah kebenaran. Karena itu, saat pemilik kebun anggur masih memberikan Anda kesempatan untuk berbuah, segeralah   bertindak sebelum Anda terlambat!”

TINGGAL DI DALAM ROH KUDUS: MENGHASILKAN BUAH

Saat bercermin diri, tanyakan pada dirimu: Apakah aku sungguh-sungguh ingin menghasilkan buah keselamatan? Apakah aku sungguh-sungguh berusaha untuk melawan keinginan jasmani-ku? Dadipada jatuh kembali ke dalam kebiasaan lama kita dan dengan setengah hati mengikuti Tuhan, kita harus mengakui bah-wa sikap lemah dan malas tidak akan menghasilkan buah yang berkenan kepada Yesus. Hari ini, kita harus memutuskan untuk membuang alasan, dan melakukan usaha yang terpadu untuk mengikuti pimpinan Roh Kudus.

Dengan secara rutin meng-hadiri kebaktian kebangunan rohani, dengan saling menguatkan, dan sering mengikuti persekutuan, kita dapat dapat saling membantu mengatasi dosa kita dan dapat tingal di dalam Roh Kudus.

Inilah mengapa penulis kitab Ibrani mengingatkan kita untuk sering bertemu bersama. Gerakan satu sama lain untuk melakukan pekerjaan yang baik, untuk mengatasi kelemahan, dan menghasilkan buah yang baik. Pada tingkat yang mudah, saat pertemuan ibadah, ambil kesempatan selama istirahat untuk saling berbagi iman.

Berdoalah bersama setelah makan, yang akan mendorong saudara dan saudari lain untuk ikut bergabung. Berceritalah tentang ajaran yang telah kita terima, dan bagaimana kita dapat menerapkannya dalam hidup kita. Renungkan Firman Tuhan saat istirahat sore, dan nyanyikan kidung pujian bersama-sama sambil mencuci atau membersihkan gereja.

BAGAIMANA UNTUK MENGHASILKAN BUAH YANG BAIK:                         

KESULITAN DAN DIDIKAN

Yang terakhir, kita juga menghasilkan buah ketika kita bertahan atas kesulitan dan didikan Tuhan. Petrus menguatkan jemaat dengan berkata:

Meskipun tidak seorang pun dari kita yang ingin menghadapi ujian dan kesulitan, Petrus menjelaskan bahwa hal itu wajib untuk keselamatan jiwa kita. Melalui kesulitan, Tuhan memurnikan kita dan iman kita untuk menjadi lebih murni dan tulus. Hasilnya, kita akan menjadi tanah sempurna yang akan menghasilkan buah untuk Tuhan.

Setelah mengetahui hasil akhirnya baik, kita harus memiliki sifat yang positif ketika menghadapi ujian. Daripada bersungut-sungut terhadap Tuhan, menyalahkan-Nya kare-na tidak menolong kita, atau menjadi frustasi atas kurangnya pemahaman kita, percayalah terhadap rancangan Tuhan yang baik, bahwa ujian-ujian ini menyempurnakan kita di mata-Nya.

Lagipula, terkadang Tuhan juga mendidik kita. Ibrani 12:11 memberitahu kita bahwa “memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran dengan memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya”.

Kadangkala, ketika dibutuhkan, Bapa Sorgawi kita bertindak seperti bapa duniawi yang mendidik kita ketika kita berbelok ke jalan yang salah. Ini sulit kita terima, namun dengan menerimanya dan bertahan, kita menghasilkan buah kebenaran yang memberikan kedamaian.

Sedagai penutup, kita harus memeriksa kualitas buah yang kita hasilkan, apakah manis dan berkenan kepada Tuhan? Jika kita tidak ingin ditebang, maka kita harus menghasilkan buah yang baik. Kita hanya dapt melakukannya dengan cara menyatu dengan pokok anggur yang benar, dengan menjalani kehidupan kita dengan Firman Tuhan. Agar Firman Tuhan itu bisa bertumbuh, kits harus memeligara tanah hati kita, sehinga tidak menjadi keras, dan tidak terpengaruh oleh batu kesulitan dan duri kekuatiran dunia.

Jika kita membuang keinginan duniawi kita dan meninggalkanya diatas kayu salib, maka oleh pimpinan Roh Kudus, kita akan bisa menghasilkan banyak buah yang baik bagi Yesus. Dan bahkan ketika kita menghadapi ujian, kesulitan, atau hukuman dari Tuhan, kita dapat bersukacita karena Tuhan sedang memberikan kesempatan untuk menghasilkan buah kebenaran.

Karena itu, ketika pemilik kebun anggur memberikanmu waktu untuk berubah, sekaranglah saatnya untuk menghasilkan buah, sebelum semuanya terlambat!

Share Post