Materi Supervisi di Tengah Pandemi (PPT Webinar)

Oct 7, 2021Blog, Pendidikan

Materi Supervisi di Tengah Pandemi (PPT Webinar)

Materi Supervisi di Tengah Pandemi (PPT Webinar) – Supervisi menjadi salah satu Beban Kerja kepala sekolah menurut Permendikbud No. 6 th. 2018 selain beban kerja yang lain yang berkaitan dengan tugas pokok manajerial, dan pengembangan kewirausaaan. Terjadinya transformasi strategi proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi distance  learning,  maka untuk memastikan bahwa sekolah tetap berupaya meningkatkan   mutu pendidikan   diperlukan strategi  supervisi  yang sesuai.

Supervisi adalah bantuan sedemikian rupa sehingga guru mampu/dapat belajar bagaimana meningkatkan kemampuan pribadinya untuk mencapai tujuan-tujuan belajar yang telah ditetapkan (Neagley & Evans, 1980).   Adapun supervisi akademik memiliki 3 tujuan yaitu untuk :

  1. Meningkatkan profesionalisme guru, 
  2. Mengembangkan kualitas pengawasan, dan
  3. Menumbuhkan motivasi.

Pola yang dimungkinkan untuk menjadi alur belajar di rumah yaitu:

  • Guru menyediakan bahan pelajaran.
  • Proses belajar di rumah dilakukan menggunakan berbagai alternatif media online/daring: Whatsapp Group Rumah Belajar Kemendikbud Email Google Class room Web sekolah Youtube Edutech yang memberikan akses gratis belajar online •Siswa mempelajari materi mata pelajaran dan mengerjalan tugas yang diberikan guru.
  • Guru melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran daring.
  • Guru memberikan penjelasan jika ada pertanyaan dari siswa dan juga membuat umpan balik atas pembelajaran online yang telah dilakukan

Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan  untuk disupervisi yaitu:

  1. fleksibel, tanpa terikat tempat dan waktu kebedaan supervisor dan guru yang disupervisi,
  2. hemat biaya (efisien) sukup dengan menggunakan computer atau smartphone dan jaringan internet,
  3. leluasa memilih dan menentukan yang harus disupervisi karena langsung mendapatkan data kondisi guru yang secara prioritas segera perlu disupervisi,

SARAN SUPAYA PELAKSANAAN SUPERVISI BERJALAN BAIK:

  • Tersedia sambungan internet dengan cukup, agar saat supervise berlangsung tidak terkendala,
  • Perlu upaya meningkatkan literasi IT guru, agar ketika menemui kesulitan dapat mengatasi,
  • Terbukanya peluang guru untuk mengakses perangkat atau administrasi guru lain dan mengcopy paste, maka perlu dibangun komitmen dengan semangat belajar bersama,
  • Perlu dikembangkan lagi dengan memodifikasi penggunaan p;atform lain yang mendukung.

Share Post

Kategori

Berita Terbaru

Panduan Penerapan Gerakan 7 KAIH untuk Guru dan Satuan Pendidikan

Panduan Penerapan Gerakan 7 KAIH untuk Guru dan Satuan Pendidikan

SMPN 8 Kota Surakarta-Panduan Penerapan Gerakan 7 KAIH(kebiasaan anak Indonesia hebat) untuk Guru dan Satuan Pendidikan pada SMP(Sekolah Menengah Pertama)-Pemerintah Republik Indonesia mempunyai visi mewujudkan Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas pada tahun...

Ini Gambaran Pelaksanaan SPMB 2025/2026

Ini Gambaran Pelaksanaan SPMB 2025/2026

Ini Gambaran Pelaksanaan SPMB 2025/2026. SMPN 8 Kota Surakarta-Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) tahun ajaran 2025/2026 yang objektif, transparan, akuntabel, berkeadilan, dan tanpa diskriminasi, berikut yang perlu diperhatikan:...