KURIKULUM MERDEKA | DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

Sep 5, 2022Blog, Pendidikan

KURIKULUM MERDEKA | DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

KURIKULUM MERDEKA | DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA

PADA KURIKULUM MERDEKA

Pengertaian Profil pelajar Pancasila (PPP) merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari Profil pelajar Pancasila (PPP) yaitu sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.

GAMBAR DIMENSI PROFILE PELAJAR PANCASILA
GAMBAR DIMENSI PROFILE PELAJAR PANCASILA

Profil Pelajar Pancasila (PPP) terdiri dari enam dimensi, yaitu:

1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,

2) mandiri,

3) bergotong-royong,

4) berkebinekaan global,

5) bernalar kritis, dan

6) kreatif.

ELEMEN PROFILE PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

1.  Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia dibagi menjadi 5 elemen kunci yaitu:

(a) akhlak beragama;

(b) akhlak pribadi;

(c) akhlak kepada manusia;

(d) akhlak kepada alam; dan

(e) akhlak bernegara.

2.  Elemen kunci dari berkebinekaan global  ada 4, yaitu

(a) mengenal dan menghargai budaya,

(b) Komunikasi dan interaksi antar budaya

(c) refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

(d) Berkeadilan Sosial

3.  Elemen kunci dari bergotong royong ada 3, yaitu

(a) kolaborasi,

(b) kepedulian, dan

(c) berbagi

4.  Elemen kunci dari mandiri ada 2, yaitu

(a) Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, dan

(b) Regulasi diri

5.  Elemen-elemen dari bernalar kritis ada 3 , yaitu:

(a) Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,

(b) Menganalisis dan mengevaluasi penalaran,

(c) Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri,

6.   Elemen kunci kreatif ada 3 , yaitu:

(a) Menghasilkan gagasan yang orisinal,

(b) Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan

(c) Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

SUB-ELEMEN PROFILE PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

1) sub-elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yaitu:

  • Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
  • Pemahaman Agama/ Kepercayaan
  • Pelaksanaan Ritual Ibadah
  • Integritas
  • Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
  • Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
  • Berempati kepada orang lain
  • Memahami Keterhu-bungan Ekosistem Bumi
  • Menjaga Lingkungan Alam Sekitar
  • Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

2) sub-elemen mandiri, yaitu:

  • Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
  • Mengembangkan refleksi diri
  • Regulasi emosi
  • Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
  • Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
  • Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri
  • Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif

3) sub-elemen bergotong-royong, yaitu:

  • Kerja sama
  • Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
  • Saling ketergantungan positif
  • Koordinasi Sosial
  • Tanggap terhadap lingkungan Sosial
  • Persepsi sosial

4) sub-elemen berkebinekaan global, yaitu:

  •  Mendalami budaya dan identitas budaya
  • mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
  • Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
  • Berkomunikasi antar budaya
  • Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif
  • Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.
  • Menghilangkan stereotip dan prasangka
  • Menyelaraskan perbedaan budaya Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan
  • Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
  • Memahami peran individu dalam demokrasi 

5) sub-elemen bernalar kritis, yaitu:

  • Mengajukan pertanyaan,
  • Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
  • Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
  • Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

6) sub-elemen kreatif. pelajar kreatif mampu bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif Ketika menghadapi perubahan situasi dan kondisi

Untuk lebih lengkapnya dapat didownload di sini

Kategori

Berita Terbaru

BBPMP Jawa Tengah Adakan Rakor IKD

BBPMP Jawa Tengah Adakan Rakor IKD

BBPMP Jawa Tengah Adakan Rakor IKD. BBPMP Jawa Tengah melaksanakan Rapat koordinasi IKD (Indeks Kualitas Dapodik) Provinsi Jawa Tengah Pada tanggal 29 sampai dengan 31 Oktober 2024 di Syariah Hotel Solo, Kota Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka...

Ini Tema P5 SMPN 8 Tahun 2024-1

Ini Tema P5 SMPN 8 Tahun 2024-1

SMPN 8 Kota Surakarta. Gelar Karya P5 Tema 2 SMPN 8 Kota Surakarta : “JAYA PASTI BISA". Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang terwujud dalam proyek pengembangan karakter pelajar pancasila dimaksudkan agar peserta didik dapat hidup dan...