Jeda Semester Genap, ini Kegiatan SMPN 8 Solo

Jeda Semester Genap, ini Kegiatan SMPN 8 Solo – Jeda semester merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah kegiatan penilaian semester. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai lomba antar kelas yang mendukung kegiatan akademik dan non akademik. Kata benda jeda berarti istirahat sejenak, seperti jeda dalam acara televisi yang memungkinkan penayangan iklan. Jeda juga bisa menjadi kata kerja yang berarti berhenti sebentar.

Kegiatan jeda berfungsi untuk menyegarkan kembali mood siswa – siswi setelah melaksanakan kegiatan semesteran. Masa ini adalah masa yang ditunggu – tunggu dan waktu yang menyenangkan bagi siswa dan guru. Setelah sibuk dengan kegiatan belajar mengajar, kegiatan jeda dapat mengakrabkan kembali dan refresh dengan serangkaian kegiatan kompetisi kolaborasi yang memacu kreativitas non akademik

Sesuai dengan kalender akademik (Kalender Pendidikan) semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang telah memasuki akhir tahun, SMPN 8 Kota Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menyelenggarakan kegiatan jeda semester yang diikuti oleh seluruh warga sekolah baik dari Guru, Karyawan dan seluruh siswa dan siswi kelas 7 dan 8 SMPN 8 Kota Surakarta.

Menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Kota Surakarta, sekaligus Ketua Panitia. Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. kegiatan jeda semester kali ini merupakan kegiatan jeda semester yang tak kalah seru dan menarik dari kegiatan jeda semester sebelumnya. Kegiatan dimulai hari Rabu, 14 Juni 2024 dan hari Rabu, 19 Juni 2024. Kegiatan pada hari pertama diawali dengan kegiatan jalan sehat di sekitar sekolah dilanjutkan dengan Volly persahabatan antar kelas 7 dan 8 yang bertempat di halaman sekolah dan pengembalian buku kelas 8A – 8D di Perpustakaan.

Sedangkan kegiatan jeda pada hari selanjutnya, adalah senam bersama dan futsal persahabatan antar kelas 7 dan 8, pengembalian buku kelas 8E – 8H. Kegiatan dilakukan di tempat yang sama yaitu di halaman sekolah (futsal dan Volly) dan Perpustakaan (pengembalian buku).. Kegiatan ini telah resmi di buka oleh Kepalas SMPN 8 Kota Surakarta, Triad Suparman,M.Pd. Kegiatan jeda ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas 7 dan 8. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali potensi siswa dalam bidang olahraga.

Volly dan Futsal persahabatan yang dilaksanakan pada Rabu,14 dan 19 Juni 2024. Volly dan futsal persahabatan merupakan salah satu lomba favorit para siswa, terlihat saat pertandingan dimulai banyak siswa yang sangat antusias menonton pertandingan tersebut. Setiap kelas wajib mengirimkan perwakilan 1 regu 5 siswa untuk mengikuti futsal dan 6 siswa mengikuti volley. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan meriah.

Kegiatan pada Rabu, 19 Juni 2024 diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh semua siswa kelas 7 dan 8.. Beberapa siswa bertugas sebagai instruktur senam untuk memandu gerakan – gerkan siswa yang lain supaya lebih terarah dan kompak. Juri dalam kegiatan ini dilakukan oleh Guru Pendidikan Jasmani dibantu dengan pengurus OSIS. Para pengurus OSIS selama kegiatan ini sangat sibuk untuk menata agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, berkat kerja keras mereka kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan meriah.

Kegiatan jeda terdiri dari futsal dan bola volly. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan SMPN 8 Kota Surakarta, dimulai pukul 07.00 – 11.00 WIB kali ini berjalan sangat asik dan seru. Siswa memakai seragam sesuai ketentuan sekolah yaitu olahraga. Dan siswa tidak diperkenankan membawa HP.

Pada kegiatan jeda semester ini memberikan dampak kepada siswa – siswi yang sangat positif. Selain refresing juga sebagai ajang pertunjukan potensi – potensi bagi peserta didik seperti Futsal dan Volly selain olahraga juga bisa membuat tubuh menjadi bugar.

Lomba jeda semester ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran yang berharga bagi siswa, serta mengembangkan sikap kreatifitas, kerja sama, dan semangat persaingan yang sehat. Selain itu, lomba jeda semester juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persahabatan dan meningkatkan rasa kebersamaan antara siswa dan guru.

Kegiatan jeda akhir semester tahun  2023/2024 SMPN 8 Kota Surakarta dilaksanakan usai Penilaian Sumatif Akhir Tahun. Serangkaian kegiatan jeda akhir semester tahun pelajaran 2023/2024 telah berjalan lancar dan sukses atas kerjasama yang luar biasa dari berbagai pihak. Kegiatan jeda akan berakhir pada hari Kamis, 20 Juni 2024 dengan melakukan kegiatan religi, doa tutup tahun 2023/2024 di ruang ibadah masing – masing (menyesuaikan). Semangat !
Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930