3 Siswi SMPN 8 Ikut Semarakkan Panen Raya Gelar Karya di Balaikota Kota Solo

3 Siswi SMPN 8 Ikut Semarakkan Panen Raya Gelar Karya di Balaikota Kota Solo – Dalam rangka peringatan Hari Pendidkan Nasional tahun 2024, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan Panen Raya Gelar Karya “Semarakkan Merdeka Belajar Bersama Berkawan Lawan Korupsi dan Perundangan – Lanjutkan Merdeka Belajar, pada hari Rabu, tanggal 8 Mei 2024, pukul 07.30 – 22.00 WIB di Pendapi Gedhe, Kompleks Balaikota Kota Surakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut, SMPN 8 Kota Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam info beberapa hari yang lalu, karena ini ditunjuk dari Dinas dengan alasan tahun lalu menjadi juara 1 FLSN Solo Vokal tingkat Kota, maka sekolah mengirimkan dua anak untuk menampilkan sebagai pengisi acara yaitu Aprhodita Helsa Christiani (judul lagu: Simfoni Raya) dan Jenar Ayu Manggarwangi (Lukisan Indonesia). Dimana SMPN 8 Kota Surakarta perkiraan tampil pada pukul 19.28 WIB.

panen raya gelar karya
panen raya gelar karya

Makna dari lagu Simfoni Raya bahwa lagu ini menggambarkan kebanggaan rakyat kepada Negara Indonesia.. Selain itu juga menggambarkan tentang rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Sedangkan lagu Lukisan Indonesia mencerminkan rasa syukur terhadap Tuhan atas karunia dan anugerahNya, menyampaikan keindahan alam Indonesia sebagai hasil dari keajaiban ciptaan Tuhan. Lagu ini membawa pesan kuat tentang tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

Pendamping yang bertugas di perform tersebut adalah Hasan Effendi, S.Pd. dan Sutinah, S.Pd. Sedangkan untuk stand up komedi Bahasa Jawa SMP sebagai pendamping adalah Sri Murwani, S.Pd. Menurut Sri Murwani, S.Pd. sebagai pendamping komedi Bahasa Jawa bahwa dalam mengikuti stand up komedi ini peserta (Ananda Monalisa, 8C)  belum bisa menang, hanya sebagai finalis 10 besar.

Perlu diketahui bahwa dalam acara Panen Raya ini ada lomba Stand Expo, Pertunjukan bakat Seni dari SD – SMP se Surakarta, Penampilan Finalis Stand Up Komedi, dan Pameran Gelar Karya dari SD – SMP se Surakarta. Karena sesuatu hal untuk SMPN 8 Kota Surakarta belum bisa menampilkan pameran. Acara itu digelar untuk menyemarakkan program merdeka belajar sekaligus wadah apresiasi terhadap karya kreatif dari pelajar se – Kota Solo bertema Lawan Korupsi dan Perundungan

Sambutan dari Wawali Kota Surakarta, Drs. Teguh Prakosa, menyampaikan bahwa acara Panen Raya  kali ini yaitu untuk menyemangati Guru dan Orang Tua mengantarkan putra – putri untuk meraih cita – cita dengan sekolah yang baik. Sedangkan sambutan dari  Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Ibu Dian Rineta, ST, M.Si., menyampaikan apresiasi sekolah yang sudah terlibat dan antusias terhadap Panen Raya Gelar Karya dan sesuai dengan tema Hardiknas himbauan dan ajakan untuk bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar baik dari sekolah maupun dari Orang Tua.

Sedangkan menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Kota Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. melalui telepon, bahwa agenda panen raya gelar karya ini merupakan agenda tahunan untuk mengetahui setiap tahunnya akan ada peningkatan untuk kreatifitas dan prestasi peserta didik di kota Surakarta.

Gelar karya bukan ajang pamer tanpa makna saja, namun memiliki dampak positif. Misalnya meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa; meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi siswa; meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antar siswa, guru, dan orang tua; meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa; meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap hasil karya sendiri.

Dengan melaksanakan gelar karya, maka akan tumbuh benih potensi dan kolaborasi yang mewujudkan sinergi. Merdeka Belajar mencari potensi yang ada pada siswa. Dengan kegiatan ini SMPN 8 Kota bisa mengembangkan kreasi dan mencintai kearifan lokal.

Sie Publikasi SMPN 8 Kota Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031