4 Hari Siswa SMPN 8 Kota Solo Gandeng Educource Belajar Coding

4 Hari Siswa SMPN 8 Kota Solo Gandeng Educource Belajar Coding – Pembelajaran Coding hari ke 1 dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka(IKM) pada SMP Negeri 8 Kota Surakarta. Jum’at (26/04/2024) Educourse.id menunjang penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melaksanakan pembelajaran coding bersama dengan SMP Negeri 8 Kota Surakarta.

Kamis (25/04/2024) Educourse.id menunjang penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melaksanakan pembelajaran coding bersama dengan SMP Negeri 8 Kota Surakarta. Pembelajaran coding yang telah terlaksana berupa pembuatan game, Siswa mempelajari materi Game Shark dengan menjalankan program program didalam web atau aplikasi yang bernama SCRATCH.

Terlihat anak-anak antusias dengan adanya interaksi dari mitra EDUCOURSE juga dari para guru yang mengikuti untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Pembelajaran coding yang telah terlaksana di hari yang ke 2 ini berupa pembuatan game, Siswa mempelajari materi Game Shark dengan menjalankan program program didalam web atau aplikasi yang bernama SCRATCH.

Terlihat anak-anak antusias dengan adanya interaksi dari mitra EDUCOURSE juga dari para guru yang mengikuti untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Dengan adanya kegiatan penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka(IKM) ini diharapkan para peserta didik mengenal coding sejak dini.

Hari ke 3, Senin (29/04/2024) Educourse.id menunjang penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melaksanakan pembelajaran coding bersama dengan SMP Negeri 8 Kota Surakarta. Pembelajaran coding yang telah terlaksana berupa pembuatan proyek robotik, Siswa mempelajari materi “Lest make a move” dengan menjalankan program program didalam web kemudian diaplikasikan dalam alat robotik bernama ZOOMBIT.

Terlihat anak-anak antusias dengan adanya interaksi dari mitra EDUCOURSE juga dari para guru yang mengikuti untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Hari ke 4, Pembelajaran Robotik dalam penerapan IKM pada SMP Negeri 8 Surakarta, Selasa (30/04/2024) Educourse.id menunjang penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melaksanakan pembelajaran coding bersama dengan SMP Negeri 8 Surakarta. Pembelajaran coding yang telah terlaksana berupa pembuatan proyek robotik, Siswa mempelajari materi “Moving with Clap” dengan menjalankan program program didalam web kemudian diaplikasikan dalam alat robotik bernama ZOOMBIT.

Terlihat anak-anak antusias dengan adanya interaksi dari mitra EDUCOURSE juga dari para guru yang mengikuti untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Lihat Galeri Kegiatan Ini Ya…

Pengertian Coding adalah proses menuliskan instruksi untuk komputer agar dapat menjalankan tugas-tugas tertentu. Dalam bahasa yang lebih sederhana, coding adalah kegiatan menulis sekumpulan kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kode tersebut, kita dapat meminta komputer untuk menjalankan suatu hal sesuai instruksinya. Misalnya, membuat website, menyusun aplikasi, memproses data, atau hal lain yang berkaitan dengan teknologi.

Jadi, coding memungkinkan kita berbicara dengan komputer menggunakan bahasa yang dimengerti oleh mesin. Komputer tidak dapat memahami bahasa manusia secara langsung, sehingga kita perlu menerjemahkan instruksi kita ke dalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah rangkaian perintah yang digunakan untuk mengolah byte (unit dasar informasi dalam komputer). Dengan memahami coding, kita dapat menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang kita inginkan, mulai dari membuka website hingga mengembangkan aplikasi canggih.

Jadi, jika tertarik memahami lebih lanjut tentang coding, berikut adalah beberapa langkah yang dapat lakukan:

  1. Kenali Jenis-jenis Developer: Pahami peran dan spesialisasi berbagai jenis pengembang (seperti web developer, mobile app developer, atau data scientist).
  2. Tentukan Bahasa Pemrograman untuk Dikuasai: Pilih bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari (misalnya Python, JavaScript, atau Java).
  3. Pahami Konsep Dasar Coding: Pelajari konsep dasar seperti variabel, fungsi, dan pengulangan.
  4. Upgrade Skill Coding dari Berbagai Sumber: Gunakan buku, kursus online, atau platform belajar seperti Dicoding untuk meningkatkan keterampilan Anda.
  5. Ciptakan Program sebagai Portfolio: Praktikkan apa yang Anda pelajari dengan membuat program sederhana sebagai portofolio.

Demikian informasi mengenai SMPN 8 Kota Solo Gandeng Educource dalam penerapan IKM.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930