Ini cara SMPN 8 Membangun Terciptanya Suasana Keharmonisan

Ini cara SMPN 8 Membangun Terciptanya Suasana Keharmonisan – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, SMPN 8 Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. menggelar peningkatan iman dan taqwa, Jumat 8 Maret 2024. Kegiatan peningkatan iman dan taqwa menjadi kegiatan rutin SMPN 8 Surakarta dalam setiap tahunnya ini dilaksanankan di halaman SMPN 8 Surakarta untuk yang beragama Islam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa –  Siswi dan Bapak/Ibu Guru, Karyawan.

Sedangkan untuk yang beragama Kristen di ruang Agama Kristen, melakukan kegiatan religi di GKJ Petoran dengan jumlah 130 siswa dan 2 Guru, dengan tema: Kasih, pembicara Dra. Inawati, menyampaikan bait Allah harusnya digunakan untuk beribadah kepada Allah, tetapi malah digunakan untuk berjualan. Tuhan menegur semua agar berbalik dari dosanya, bertobat dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Kasih Tuhan membantu manusia untuk hidup seturut firman Tuhan.

Untuk siswa yang beragama Katolik, melakukan Ibadat Sabda yang dipimpin oleh Fransiska Nita Purwaningsih, S.Ag. di ruang Aula atas. Inti renungan: hendaklah berjaga – jaga dan siap selalu, sebagai tema renungan hari ini mengajak kita untuk merenungkan tentang kenyataan yang dialami bahwa dalam kehidupan remaja sering mengalami up and down dalam iman. Maka perlu menumbuhkan iman dengan terlibat aktif dalam kegiatan kerohanian dan iman tersebut harus diwujudkan dalam perbuatan kasih sehingga iman akan selalu mengakar dan tumbuh kuat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyambut Ramdhan yang tinggal beberapa hari lagi. Tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah sesama umat Muslim serta menyebarkan syiar Islam di lingkungan sekolah.

Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dirindukan umat Islam. Keindahan dan kekhusyukan hari – harinya adalah sesuatu yang sulit didapatkan di hari biasa sehingga tak heran jika di bulan suci ini begitu banyak hal biasa yang menjadi istimewa.Ramadhan menyediakan paket yang kental dengan makanan, seperti puasa, tarawih, malam Lailatul Qadar hingga kembali ke fitrah dalam Idul Fitri. Ibadah di bulan Ramadhan memiliki nilai spiritual yang dijaminkan pelakunya mendapatkan kebahagiaan batin.

Keluarga besar SMPN 8 Surakarta dari mulai guru, staf tata usaha, penjaga sekolah, tenaga kebersihan dan keamanan sekaligus seluruh siswa gembira sambut bulan suci Ramadhan. Pesan singkat dalam kata sambutan Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. kebersamaan dan kekompakan antar seluruh keluarga besar SMPN 8 Surakarta sangat di perlukan demi terciptanya suasana dan keharmonisan yang terus terjaga demi mengemban tugas serta memajukan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik dan sempurna.

Acar inti dari keluarga besar SMPN 8 Surakarta yang beragama Islam dengan mengundang Ustadz Rizky Rosyadi, S.Ag.,M.H. dari SMA Al Islam 1 Surakarta dengan mengambil tema “Dunia Tanpa Pacaran Menyambut Ramadhan”. Kegiatan diawali dengan tadarus Qur’an Surah Yunus ayat 61.

Puasa merupakan ibadah wajib yang dikerjakan sebulan penuh bagi umat Muslim yang tidak memiliki halangan. Wajibnya seorang muslim berpuasa sebagaimana telah tertulis dalam perintah dan menjadi rukun Islam yang ketiga. Terlepas daripada perintahnya, bagi orang yang melaksanakan puasa tapi masih saja berpacaran, tidak dianjurkan dalam Islam. Pacaran saat Ramadhan dapat membatalkan puasa.

Ketika berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu dan hal – hal yang bisa membatalkan puasa dan mendatangkan dosa. Kalau tujuan puasa masih pacaran, puasa gugur, kewajiban puasanya gugur dan pahala puasanya tidak ada. Oleh karena itu bagi yang masih pacaran saat puasa lebih baik ditinggalkan.

Untuk yang beragama Hindu dan Kong Hu Chu lokasi kegiatan di ruang Perpustakaan. Setelah selesai melakukan peningkatan iman dan taqwa, semua siswa menyaksikan perform peserta didik di bidang Karate. Juga menyaksikan Drama dari Tater Pena SMPN 8 Surakarta. Sebelum siswa pulang, membersihkan ruang kelas masing – masing yang didampingi oleh Wali Kelas. Untuk hari ini siswa tetap menggunakan seragam Pramuka, tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pulang pada pukul 11.00 WIB.

“Semoga dengan semangat yang ditampilkan siswa – siswi ini dapat pula menambah semangat bagi mereka dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan pada tahun ini,” harap Triad Suparman.

Kunjungi Facebook kami

Sie publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031