Setelah LDK Wajib “Cepat, Tanggap, Tepat”

Setelah LDK Wajib “Cepat, Tanggap, Tepat” – Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal) organisasi yang telah ditentukan. Sedangkan pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi / perusahaan.

Generasi muda yang unggul, kader – kader pemimpin yang berkarakter merupakan dambaan bagi setiap bangsa. Oleh karena itu SMPN 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. berusaha menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan kepada 40 pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2023 / 2024 melaui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dilakukan tahun ini dengan tema “Membentuk Siswa yang Berkarakter dan Berprestasi”, bertujuan untuk mencetak siswa – siswi SMPN 8 Surakarta yang berkarakter dan berprestasi dalam peningkatan sumber daya siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep dasar organisasi di sekolah melalui kegiatan OSIS.

Kegiatan yang dilakukan di ruang Aula, Sabtu s/d. Minggu tanggal 24 s/d. 25 Februari 2024 dibuka oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. Pesan yang disampaikan adalah agar bisa menjadi contoh bagi siswa yang lainnya.dan dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi pribadi siswa. Harapannya dengan mengikuti LDK akan menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) SMPN 8 Surakarta tahun 2024 ini dilakukan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 dimulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pembukaan LDK yang dilakukan langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. sekaligus sebagai pengisi materi Kepemimpinan. Sedangkan pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2024 dimulai pada pukul 04.15 – 13.00 WIB.

Kegiatan LDK yang dipandu oleh Waka Kesiswaan yang sudah berpengalaman, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dan beberapa Pembina pendamping antara lain : Hasan Efendi, S.Pd (Seputar Kegiatan OSIS), Rizqi Irvani, S.Pd.(Materi Adiwiyata), Perumusan Rencana Program Kegiatan tiap Sekbid. (Pembina Sekbid masing – masing), Anggepy M.S., S.Pd.(Senam).

Mereka memberikan berbagai materi yang mencakup pembentukan mental dan kecakapan fisik. Jenis kegiatannya antara lain : Materi inti Kepemimpinan, Materi Kesiswaan/Dasar – dasar Kepemimpinan, Seputar Kegiatan OSIS, Materi Adiwiyata, Perumusan Perencanaan Program Kegiatan masing –  masing Sekbid (kerja kelompok), Ramah Tamah/Games, Senam,  PBB, dan TUB.

Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan sambutan di ruang Aula SMPN 8 Surakarta bahwa tujuan diadakannya LDK dengan tema “Membentuk Siswa yang Berkarakter dan Berprestasi” ini adalah untuk membentuk Kader – Kader Kepemimpinan, Berkarakter, Religious, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong Royong, merupakan modal dasar yang harus dikuasai dan dipahami oleh setiap peserta LDK. Selain itu, juga berpesan kepada siswa agar modal dasar ini dipedomani dalam kehidupan sehari – hari.

Selanjutnya, Pembina sebagai pendamping mengajak peserta LDK untuk latihan fisik di halaman SMPN 8 Surakarta. Melalui berbagai kegiatan individu dan kelompok, senam, latihan baris berbaris, dan latihan dasar organisasi diharapkan bisa membentuk kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan siswa. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam berbagai latihan tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka yang positif. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu juga disediakan makan pagi bersama yang dipandu oleh Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd..

Dari kegiatan makan bersama yang tertib dan teratur pun bisa membentuk karakter kedisiplinan siswa dengan antri saat mendapatkan makanan, duduk dengan rapi, tidak banyak berbicara, berdoa bersama dan makan sampai habis.

Acara ditutup pada hari Minggu, 25 Februari 2024 pada pukul 13.00 WIB. Membiasakan siswa supaya lebih memiliki kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian guna membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. Dari situlah siswa belajar bagaimana menghadapi tantangan dan rintangan yang ke depannya bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi kehidupan kelak setelah dewasa.

Kepala SMPN 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan tersebut, sebab dengan melalui kegiatan seperti ini siswa akan lebih termotivasi mengembangkan potensi sosial mereka. Selain itu bahwa kegiatan ini merupakan dasar dan pondasi awal bagi mereka untuk belajar memimpin dan dipimpin.

Jenar Ayu Manggarwangi selaku peserta LDK OSIS 2024 sekaligus Ketua Umum OSIS SMPN 8 Surakarta masa bakti 2023/2024 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan bekal tidak hanya bagi dirinya dan segenap pengurus OSIS baru. Materi yang diberikan oleh Pembina/Nara Sumber sangat penting dan bermanfaat bagi peserta LDK.

Sementara Adli Abhi Praya Ketua I OSIS mengatakan bahwa kegiatan ini seru banget dan membuat masing – masing pengurus OSIS merasa satu keluarga. Dan bisa meningkatkan kekompakan dan solidaritas kami. Bagi Hafizh Ketua II OSIS yang baru pertama kali mengikuti kegiatan sejenis mengungkapkan bahwa kemampun berpikirnya meningkat dan menjadi merasa percaya diri untuk mengemban jabatan sebagai pengurus OSIS. Tiba – tiba kayak bisa berpikir menyusun program kerja.

Pada kesempatan terpisah Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. mengatakan bahwa sekolah akan terus memfasilitasi seluruh peserta didiknya untuk memiliki karakter positif yang kuat, selalu mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang sukses di masanya nanti. Pembekalan di SMPN 8 Surakarta ini mengarahkan peserta didiknya untuk sukses hidup di masa depan mereka, bukan di masa kini apalagi di masa lalu.

Acara LDK ini ditutup oleh Waka Kesiswaan, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. pada hari Minggu, 25 Februari 2024 pukul 13.00 WIB dengan harapan semua warga SMPN 8 Surakarta, semoga pengurus baru OSIS untuk lebih kreatif, dapat menjalankan tugas – tugas dengan baik, amanah, semakin hebat dan berkelas. Selain itu juga mampu menciptakan inovasi – inovasi kreatif mengenai program kerja baru yang sebelumnya belum pernah terlaksana. Semangat untuk Depanska Jaya!.

Kunjungi galery Depanska

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829