Pelantikan OSIS Jadikan Semangat Baru dalam Berorganisasi

Pelantikan OSIS Jadikan Semangat Baru dalam Berorganisasi – Pelantikan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu acara penting yang dilakukan di sekolah untuk mengumumkan dan meresmikan pengurus OSIS yang baru. OSIS merupakan sebuah wadah di mana siswa – siswa terpilih memimpin dan mengelola berbagai kegiatan di sekolah.

Proses pelantikan dimulai dengan pemilihan pengurus OSIS yang dilakukan melalui pemungutan suara oleh siswa – siswa atau proses pemilihan yang telah ditentukan oleh sekolah. Setelah pengurus OSIS yang baru terpilih, mereka diresmikan dalam sebuah acara pelantikan yang seringkali berlangsung dalam suasana penuh semangat. Selama acara ini, pengurus OSIS yang baru akan mengucapkan sumpah janji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik – baiknya, dan menunjukkan komitmen kepengurusan kepada sekolah dan sesama siswa.

SMPN 8 Surakarta melaksanakan pelantikan OSIS tahun pelajaran 2023 –  2024 pada hari Senin, 19 Maret 2024 pada pukul 07.00 WIB di halaman SMPN 8 Surakarta. Acara pelantikan diawali dengan pengibaran bendera sekaligus menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Pelantikan pengurus OSIS baru ini turut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Triad Suparman M.Pd,, sekaligus sebagai Pembina Upacara, seluruh guru dan siswa SMPN 8 Surakarta mulai kelas 7, 8, dan 9. Pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2022 – 2023 turut berbaris dalam satu barisan dalam upacara di halaman untuk mengikuti upacara pelantikan. Pengurus OSIS yang baru menerima bendera OSIS yang diserahkan oleh Kepala Sekolah SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd.

Dalam sambutannya Kepala SMPN 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan bahwa kemarin di SMPN 8 Surakarta dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Drs.Teguh Prakosa dalam rangka pendidikan mental keluarga, memberi pengarahan tentang bulyying. Semua warga harus memahami semua situasi kegiatan belajar mengajar, tidak diperbolehkan antara sesama/ rekan, antar kita semua tanpa kecuali, tidak ada kasus bullying di SMPN 8 Surakarta.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. juga memberi ucapan terima kasih kepada pengurus OSIS lama Tahun Pelajaran 2022 – 2023. Selanjutnya Kepala Sekolah juga menyampaikan harapannya kepada para pengurus yang baru agar menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik – baiknya. Berkarya dengan sebaik mungkin untuk kemajuan di SMPN 8 Surakarta.

Semua pengurus yang lama sebenarnya keberatan, karena menjadi pengurus OSIS mempunyai kesempatan sebagai pengalaman yang sangat berkesan.Tetapi hal ini harus berjalan dengan bergantian ke generasi berikutnya. Karena kelas 7 dan 8 juga mendapatkan kesempatan untuk sarana melakukan ekspresi diri. Menjadi pengurus OSIS memposisikan masing – masing agar dapat mengekspresikan menurut apa yang dimaui oleh semua teman – temannya.

Dalam kesempatan ini para guru mengucapkan terima kasih kepada pengurus OSIS yang lama atas sumbangsihnya selama menjalankan tugas. Para pengurus OSIS yang lama juga memberikan ucapan selamat kepada pengurus OSIS yang baru.

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi atau tempat bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki sehingga diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang cerdas, aktif, kreatif, dinamis, serta berpestasi. OSIS juga memiliki peran penting sebagai teladan bagi siswa lain agar mereka mempunyai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Serah terima jabatan (Sertijab) Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) dan Pelantikan periode 2022 – 2023 ke pengurus OSIS periode 2023 – 2024. Sertijab dan Pelantikan OSIS ini dilaksanakan pada saat Upacara Bendera yang berlangsung pada jam 07.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di halaman SMPN 8 Surakarta.

Adapun tugas dan tanggung jawab pengurus OSIS antara lain: Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana; Mengkoordinasi semua rapat pengurus; Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh rapat pengurus; Memimpin rapat; Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat; OSIS memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas masing – masing pengurus demi kepentingan sekolah dan semua siswa.

Selain itu, OSIS juga mempunyai fungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga bisa berfungsi mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa; Ketua OSIS bertanggung jawab untuk menyelenggarakan rapat dan pertemuan rutin bersama anggota OSIS lainnya. Dalam forum ini, ide, gagasan, dan masukan dari seluruh anggota dapat didiskusikan dan diimplementasikan

Adapun siswa yang dilantik sebagai Ketua Umum/ketua 1 adalah Jenar Ayu Manggarwangi, Ketua 2: Adli Abhi Praya dan Ketua 3: Hafizh. Sedangkan Wakil Ketua 1 yaitu Rivaya Kanzha Naila, Wakil Ketua 2: Alieen Bellvania Putri, Wakil Ketua 3: Verlyta Dina Andhyra beserta seluruh pengurus OSIS. beserta seluruh pengurus OSIS berjumlah 39 anak. Setelah penandatanganan serah terima jabatan ini maka resmilah kepengurusan OSIS periode 2023 – 2024 dan besar harapan dalam menjalankan tugas – tugasnya mereka bisa lebih kreatif, amanah, semakin hebat dan berkelas.

Menurut Jenar Ayu Manggarwangi yang tepilih sebagai Ketua Umum menyampaikan langsung ke Sie Publikasi bahwa dengan terpilihnya sebagai Ketua Umum bisa memajukan SMPN 8 Surakarta dan memperbaiki kekurangan yang berada di SMPN 8 Surakarta ini.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. berpesan agar pengurus yang baru sungguh dapat menerapkan janji yang telah diucapkan, yakni menjadi pelopor dalam menegakkan tata tertib sekolah, menjunjung tinggi nama almamater SMPN 8 Surakarta dengan prestasi dan akhlak mulia, melaksanakan program kerja OSIS dengan disiplin dan penuh tanggung jawab serta mau menjadi teladan bagi para siswa SMPN 8 Surakarta dalam perkataan dan perbuatan.

Apel berakhir pada pukul 07.45 WIB dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya sampai pikul 14.20 WIB. Selamat bertugas kepada Pengurus OSIS periode 2023/2024!.

Lihat Galery Foto di FB kami

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829