Ini Rangkaian Acara HGN di SMPN 8 Surakarta

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan hari besar ini ditetapkan oleh Presiden Soeharto yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Seperti yang dilakukan pada hari ini Sabtu, tanggal 25 November 2023 SMPN 8 Surakarta dibawah Pimpinan Triad Suparman, M.Pd. semua Bapak / Ibu Guru dan Karyawan memperingati Hari Guru Nasional di halaman sekolah.

Keberhasilan hidup kita semuanya tidak terlepas dari peran Guru, oleh karena itu sudah selayaknya kita semuanya memperingati hari Guru dan memberikan doa kepada para Guru. Peringatan ini merupakan wujud penghormatan, penghargaan dan apresiasi terhadap Guru yang dianggap sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Perlu diketahui bahwa Guru SMPN 8 Surakarta tetaplah menjadi Pahlawan untuk mencerdaskan Peserta Didik menuju anak-anak yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Peringatan HGN kali ini dilakukan pada hari Sabtu, 25 November 2023 dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menggunakan pakaian seragam PGRI, sedangkan Siswanya berseragam OSIS. Selain memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 78 dan HGN juga menyambut HUT KORPRI ke -52. Upacara peringatan HGN ini yang menjadi petugas adalah Bapak/Ibu Guru/Karyawan SMPN 8 Surakarta.

Sebagai Pembina Upacara: Christina Endah Setyowati, S.Pd., Pemimpin Upacara: Hasan Efendi, S.Pd., Danton : Wiwin Andriyanto A., S.Pd, Hanafi, S.Pd., Biyanto, S.Pd., Pengibar Bendera: Herviyanti Chandra, S.Pd., Sutinah, S.Pd., Risqi Irvani W., S.Pd., Membaca UUD 1945: Supadmi, S.Pd., Membaca Doa: Abdullah Yusuf, Dirigen: Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Ajudan : Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. Pembawa acara F. Nita Purwaningsih, S.Ag. dengan suara nyaringnya dan sudah terbukti menjadi Juara Harapan 1 Lomba Solo Vokal Guru Katagori Putri Tahun 2020, membuka acara demi acara.

Pembina Upacara HGN SMPN 8 Surakarta, Christina Endah Setyowati, S.Pd. menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 dan Tema yang diambil adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Menteri merasa yakin bahwa Guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Juga optimis bahwa semua Pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil dicapai bersama dalam empat tahun terakhir.

Perlu diketahui bahwa pada tahu pertama Merdeka Belajar, menghapus Ujian Nasional dan member kepercayaan kepada Guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Dan menerapkan Asesmen Nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Selanjutnya, meluncurkan Kurikulum Merdeka yaitu kurikulum yang ditunggu-tunggu para Guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Ruang untuk belajar dan berbagi diantara sesame Guru juga kini semakin luas dengan adanya Platform Merdeka Mengajar. Jutaan Guru diseluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya, terobosan besar dihadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dengan pelatihan Guru yang sudah ada sebelumnya, karenatujuannya untuk mendorong lahirnya generasi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata. Dan yang sangat membahagiakan adalah semakin dekat untuk mencapai target satu juta Guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan Guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para Pendidik.

Bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional ini sebagai penanda kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melajuke depan dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka belajar.

Upacara diakhiri pada pukul 07.45 WIB dengan penampilan menyanyikan lagu Hymne Guru dari anak yang bernama Aphrodita Helsa Christiani dan Estu Unggul menampilkan deklamasi. Pembagian hadiah untuk Kader Kesehatan Remaja Tahun 2023 sebagai Juara 2 antara lain Faurel Yoga Ramadhan dan Aluna Desthirty. Pembagian hadiah Jambore Jota Jati (Jambore On The Air – On The Internet). Dilanjutkan dengan jabat tangan dari perwakilan murid dengan Bapak/Ibu Guru, Karyawan.

Sekaligus pembagian hadiah lomba yang dilakukan oleh Bapak Ibu Guru, Karyawan SMPN 8 Surakarta yaitu Bola Ping Pong. Juara 1: Wiwin Andriyanto A. S.Pd dan Iffah Muthmainah, S.Pd.I., Juara 2: Dra. Inawati dan Abdul Rohman Fahrudin Sofa Ash Sidiq, SE , Juara 3: Hetty Dwi Agustin, S.Pd. dan Sri Murwani, S.Pd. Sedangkan lomba Estafet Bola sebagai Juara 1: Kelompok Muji Widodo, S.Pd.Fis. (Herviyanti Chandra, S.Pd., Latifah Nugrahani, S.Pd., Hanafi, S.Pd.), Juara 2: Kelompok Anton Handoko, S.Pd. ( Risqi Irvani W. S.Pd., Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Siti Martabatul Aliyah, S.Pd., Iffah Muthmainah, S.Pd.I.)

Setelah upacara selesai Bapak/ Ibu Guru, Karyawan berkumpul di ruang Guru melakukan doa yang dipimpin oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. Dilanjutkan dengan membaca Ikrar Guru Indonesia yang dibacakan oleh Muji Widodo, S.Pd.Fis. dan diikuti oleh semua Guru. Pemotongan tumpeng oleh Waka Humas SMPN 8 Surakarta, Muji Widodo, S.Pd.Fis. yang diserahkan kepada Guru yang paling tua, Titik Haryani, S.Pd. kemudian diserahkan lagi kepada anggota termuda Anggepy Mulan Sari, S.Pd. dan Hanafi, S.Pd. sebagai perwakilan untuk Guru semuanya.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd .beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa sebagai Guru tidak boleh banyak mengeluh. Guru wajib bersyukur dan berbangga, juga selalu menikmati kenyataan yang ada. Dilanjutkan makan dan foto bersama. Guru yang kreatif akan membawa suasana belajar yang kondusif, sehingga Peserta Didik menjadi bergairah dalam belajar.

Guru yang inovatif adalah Guru yang selalu mencari hal-hal yang baru dalam proses transfer ilmu dan membentuk karakter. Sehingga harkat Guru sebagai jabatan profesi mendapatkan penghargaan yang tinggi. Selamat Hari Guru Nasional 2023. Hidup PGRI, Hidup Guru, Solidaritas Yes.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Link Fan Galery

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930