Ini Tema Hari Pahlawan tahun 2023

Ini Tema Hari Pahlawan tahun 2023 -10 November 2023 SMPN 8 Upacara Peringati Hari Pahlawan – 10 November 2023 SMPN 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. memperingati Hari Pahlawan ke –  78. Peringatan ini mengingatkan adanya pertempuran besar yang terjadi di kota Surabaya antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris pada tanggal 10 November 1945. Kejadian inilah yang menjadi salah satu sejarah pertempuran terbesar setelah Proklamasi.

10 November memperingati hari apa?

Untuk itu, setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, masyarakat Tanah Air akan memperingati Hari Pahlawan Nasional. Tujuan Peringatan Hari Pahlawan yaitu untuk mengenang pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai – nilai kepahlawanan kepada generasi masa kini untuk mengisi kemerdekaan.

Tema Hari Pahlawan tahun 2023 ini adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” yaitu Pahlawan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Perjuangan hari ini tidak dibatasi hanya perjuangan dengan mengangkat senjata. Kini, makna perjuangan mencakup segala upaya melawan kemiskinan musuh kita bersama dan segala upaya dalam meningkatkan kesejahteraan.

Muji Widodo, S.Pd. selaku Pembina dalam upacara hari pahlawan ini menyampaikan alasan kenapa “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” jadi tema dalam Hari Pahlawan tahun 2023 ini, yaitu sebagai generasi muda dan penerus bangsa, sudah sepatutnya mengimplementasikan dan meneladani nilai – nilai luhur para pahlawan, terutama menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata – nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh – sungguh.

Jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai – nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.

Berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Lawan paham radikal, tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa – masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang.

Perlu diketahui bahwa semangat para pahlawan itulah yang menjadi inspirasi dalam memerangi kemiskinan dengan menciptakan kesetaraan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menginspirasi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Selain itu, semangat yang dimiliki pahlawan masa lalu juga dapat kita teladani untuk memerangi kebodohan. Contoh aksi nyata yang dapat dilakukan adalah memperbanyak literasi serta menambah lagi ilmu pengetahuan dengan semangatnya.

Upacara yang dilakukan di halaman SMPN 8 Surakarta ini diikuti oleh semua Guru dan Karyawan dengan berseragam KORPRI, Peserta Didik menggunakan seragam OSIS, dan Mahasiswa PPG UNS, ISI. Dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 07.45 WIB. Menurut Waka Kesiswaan, Wahyu Prihatin sayekti, S.Pd. ini bahwa yang menjadi Petugas Upacara adalah Pengurus OSIS. Upacara Hari Pahlawan dilaksanakan secara khidmat, tertib dan sederhana.

Selain diadakan upacara di halaman SMPN 8 Surakarta, juga dilakukan ziarah Nasional pada pukul 08.30 WIB sampai selesai, di TMP Kusuma Bhakti Jurug Surakarta, dengan mengirimkan Siswa 1 SST / 31 Personil dengan berseragam OSIS, dengan pendamping Imas Wigatiningasih, S.Pd.

Harapan dari peringatan hari pahlawan kali ini, kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia hendaknya meneladani sikap para pahlawan yang rela berkorban demi bangsa Indonesia dalam rangka mengisi hari demi hari dengan hal yang baik, berinovasi, berkreasi dan berkreatifitas sebanyak – banyaknya demi nama baik dan bangsa Indonesia dimata dunia dan internasional.

Selamat Hari Pahlawan 2023. Semoga semangat para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan terus menginspirasi kita untuk membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan. Merdeka!

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti
Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930