Peringati Hari Sampah Nasional, Ini Kegiatan SMPN 8

SMPN 8 – Kepala SMPN 8  Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 mengirimkan 8 Peserta didikterdiri dari 2 laki-laki dan 8 Perempuan, mengikuti kampanye bagi – bagi stiker untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 Kota Surakarta.

Perlu diketahui bahwa, sejarah asal mula HPSN yang diperingati 21 Februari adalah bermula dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang mencanangkan pertama kalinya, untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Karena pada tanggal 21 Februari 2005 terjadi peristiwa Leuwigajah, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

hari peduli sampah nasional HPSN

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Acara yang dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai selesai ini dilakukan di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi No. 183 Surakarta. Peringatan hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 ini tetap mematuhi protokol kesehatan, semua Peserta menggunakan pakaian Olahraga.

Peserta yang diundang oleh DLH Kota Surakarta antara lain Perwakilan dari 29 Sekolah, BS Induk Kerja Nyata, BSU Gajah Putih, BSU Delapan Jaya Jebres, BSU Gulon Asri, BSU Rejeki Lestari, BSU DORA Pucangsawit, BSU Anggrek Danusuman, BSU Ngudi Rejeki Kerten, BSU Mbah Welas Jebres, BSU Gotong Royong Kerten, Komunitas World Clean Up Day (WCD), Rotary Club, Lion’s Club, Perkumpulan Masyarakat Surakarta dan Putra-Putri Solo Lingkungan.

Salah satunya SMPN 8  Surakarta yang akan beraksi jumput sampah di Bank Mandiri – Perempatan Sriwedari. Sebenarnya tanggal 21 Februari, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama.

Namun kali ini untuk menyemarakkan dilakukan pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2023, bersamaan dengan adanya Car Free Day (CFD), agar lebih meriah.

Perwakilan Peserta dari SMPN 8  Surakarta, sejumlah 8 anak, didampingi oleh 2 orang Guru Pendamping yaitu Sutinah, S.Pd., dan Latifah Nugrahani, S.Pd. turut menyempatkan diri Kepala SMPN 8  Surakarta. Triad Suparman M.Pd hadir dalam kegiatan ini.

hari peduli sampah nasional HPSN

Kegiatan yang dilakukan oleh Perwakilan peserta didik adalah aksi jumput sampah sekaligus mengedukasi masyarakat untuk peduli sampah melalui kampanye pengelolaan sampah “Samptamu, Samptaku”, yang artinya adalah sampahmu tanggungjawabmu sampahku tanggungjawabku.

Dalam kegiatan ini Peserta didikmenukarkan sampah dan mendapatkan sepuluh (10) bibit tanaman Alpukat. Setelah selesai kegiatan, 10 bibit tanaman Alpukan langsung dibawa ke sekolah untuk selanjutnya ditanam di lingkungan sekolah.

Selain kegiatan tersebut, Peserta didikSMPN 8  Surakarta juga melakukan kampanye dan membagikan stiker Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS) Konservasi Air, Konservasi Energi, Penanaman Pohon, dan Sanitasi Drainase.

Acara yang dimulai pada pukul 06.15 WIB ini dan berkumpul di depan Loji Gandrung melakukan apel. Setelah apel, Siswa Sekolah Adiwiyata menuju lokasi masing-masing sesuai dengan Plotting area pengambilan sampah yang ditentukan. Kemudian kembali ke Loji Gandrung untuk menukar sampah dengan bibit tanaman. Penukaran sampah dengan bibit tanaman ini berakhir pada pukul 09.00 WIB.

Selamatkan lingkungan mulai dari tindakan anda sendiri, salah satunya dengan mengelola sampah dengan baik. Sampah dan limbah adalah musuh dari alam yang harus kita musnahkan. Selamat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

Sie Publikasi SMPN 8: Dra. Sri Suprapti
Artikel ini sebelumnya juga sudah terbit pada

kunjungi Facebook SMPN 8

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728