Pahami Dulu Visi & Misi Kandidat, Baru Nyoblos (Pemilos 8)

SMPN 8-Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman,M.Pd. hari ini, Senin tanggal 6 Februari 2022 dalam apel pagi menyampaikan bahwa ada orasi/kampanye calon Ketua OSIS, untuk anak-anak yang sudah tepilih menjadi calon.  Yang akan mereka lakukan adalah penyampaian visi dan misi. Dalam rangka mengemukakan pendapat, bermusyawarah dan menyampaikan aspirasi dengan bebas adalah ciri kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah sebuah organisasi resmi satu-satunya di sekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. Ia merupakan wadah Pembinaan Kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. Ia berfungsi sebagai wadah untuk membicarakan beberapa hal tentang sekolah lebih lanjut, seperti acara, lomba, dan lain sebagainya.

Sebab setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan aspirasinya di depan umum, seperti yang dicantumkan dalam beberapa Undang-Undang yaitu seperti yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum Dalam pasal 1 (ayat 1) menyatakan bahwa “Hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”.

Dalam rangka mempraktekkan, memupuk dan membudayakan demokrasi di SMPN 8 Surakarta, Ketua OSIS dan seluruh pengurus serta Kesiswaan menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2022/2023 dengan tahapan sebagai berikut : 1. Sosialisasi dan pendaftaran calon Ketua OSI; 2. Seleksi calon Ketua OSIS;3. Penyampaian Visi dan Misi; 4. Kampanye calon Ketua OSIS. Untuk Pemilos dilakukan Selasa, 7 Februari 2023, Pelantikan dan Sertijab Pengurus OSIS dilakukan hari Senin tanggal 13 Februari 2023.

Menurut Waka Kesiswaan SMPN 8 Surakarta, Prico Diana Dewi, S.Pd.MH.,  terjaring kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS sebanyak 32 orang. Prico, menambahkan bahwa Tahapan pertama yakni sosialisasi dan pendaftaran calon ketua OSIS telah selesai dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Januari 2023 dan Tahapan kedua yaitu Seleksi calon ketua OSIS dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Januari 2023.

Tahapan selanjutnya yaitu penyampaian visi dan misi oleh para calon ketua OSIS yang diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 6 Februari 2023, selepas pelaksanaan apel pagi. Ada 4 calon ketua dan wakil ketua OSIS yang berhasil terpilih hingga ke tahapan ini.  Calon tersebut antara lain :Vinolia Volin Sagita (8a), Gravida Raditya H. (8h), Eloise Vanabela E.H. (7e), Jenar Ayu M. (7b).

Pada tahapan ini seluruh kandidat Ketua OSIS yang telah lolos seleksi tahapan pertama dan kedua berdiri di hadapan seluruh warga SMPN 8 Surakarta untuk menyampaikan visi dan misi mereka jika mereka berhasil terpilih menjadi ketua OSIS.

Kandidat ketua OSIS bernama Vinolia Volin Sagita (8a), tampil pertama untuk menyampaikan visi dan misinya. Volin mengatakan bahwa jika ia terpilih menjadi ketua OSIS periode 2022/2023 maka ia bersama dengan seluruh siswa SMPN 8 Surakarta akan bekerjasama dan bahu membahu memajukan SMPN 8 Surakarta dengan cara menjadikan peserta didikyang berprestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dan meningkatkan kedisiplinan peserta didikmelalui ketaatan dalam menerapkan peraturan sekolah. Yang terakhir menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan gotong royong.

Kandidat selanjutnya Gravida Raditya H. (8h)  dengan berapi-api dan penuh semangat Avid dalam orasinya menyampaikan visi dan misinya. Dalam pidatonya Avid berjanji bahwa OSIS SMPN 8 Surakarta menjadi wadah dalam segala potensi yang ada sekaligus membentuk siswa yang disiplin, kreatif, cerdas, jujur, dan berakhlak mulia baik dalam sekolah maupun luar sekolah.

Kandidat dari Jenar Ayu M. (7b) dalam pidatonya berjanji akan menjadikan OSIS sebagai panutan bagi Peserta didikSMPN 8 Surakarta serta mewujudkan Peserta didikyang memiliki kreativitas, berprestasi dan berkarakter. Seluruh kandidat ketua OSIS menyampaikan visi dan misi yang luar biasa dengan penuh semangat dan tekad yang kuat. Pada tahapan seluruh kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan program-programnya dalam rangka merealisasikan visi dan misi masing-masing kandidat.

Sedangkan Eloise Vanabela E.H. (7e),  dalam visi dan misinya, bertekad  menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan segala potensi yang ada sehingga terbentuknya siswa yang cerdas, kreatif, berprestasi dan beakhlak mulia. Bela juga menyampaikan agar Peserta didik SMPN 8 Surakarta bisa menjaga nama baik sekolah dan yang paling penting meningkatkan keindahan dan ketaqwaan para siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Para kandidat juga harus menjawab beberapa pertanyaan dari beberapa rekan kelas 7 (tujuh) dan 8 (delapan). Pertanyaan dari Zahra Endru Kusuma dari kelas 8 A melemparkan pertanyaan kepada Kandidat No. 1 – 4 yaitu usaha dan program apa saja yang akan mereka lakukan untuk meningkatkan disiplin di SMPN 8 Surakarta apabila mereka terpilih menjadi ketua OSIS, setelah adanya Pandemi. Pertanyaan selanjutnya diberikan oleh kelas 9  kepada kandidat No.1- 4 yaitu usaha dan program apa saja yang akan mereka implementasikan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik SMPN 8 Surakarta.

CALON KANDIDAT OSIS SMP N 8 SURAKARTA
CALON KANDIDAT OSIS SMP N 8 SURAKARTA

Orasi yang berlangsung kurang lebih satu jam itu berjalan dengan lancar dan khidmat Dengan melaksanakan serangkaian kegiatan pemilihan OSIS ini, diharapkan dapat melahirkan calon-calon pemimpin yang berdedikasi tinggi, penuh loyalitas dan bertanggungjawab. Nantikan reportase selanjutnya di ajang pesta demokrasi di SMPN 8 Surakarta, Selasa tanggal 7 Februari 2023. #suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

February 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728