LDK Mencetak Generasi Berkarakter

LDK mencetak generasi berkarakter – SMPN  8 Surakarta Selenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) –  Dalam rangka regenerasi penerus pengurus OSIS SMPN  8 Surakarta, sekolah yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. ini, mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tahun pelajaran 2022/2023 diadakan selama dua (2) hari di Ruang Aula dan di halaman sekolah, Selasa – Rabu  24 – 25 Januari 2023  pukul 09.00 – 15.00 WIB. SMPN  8 Surakarta.

Acara pembukaan LDK kali ini sebagai pembawa acara adalah Thalita Aulia Rachmanda kelas 9F. Setelah pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMPN 8 Surakarta dengan dirigen Tiara Desvita Nugrahani kelas 9C. Prakata dari Ketua Panitia sekaligus Waka Kesiswaan Prico Diana Dewi, S.Pd., MH. menyampaikan bahwa peserta kegiatan LDK diikuti oleh perwakilan kelas 7 dan kelas 8 dengan jumlah 32 siswa. Sedangkan kegiatan LDK Calon Pengurus OSIS ini akan dilakukan selama dua (2) hari.

LDK SMPN 8 Surakarta 2023

Kepala SMPN  8 Surakarta, Triad Suparman,M.Pd. dalam pembukaan menyampaikan maksud dan tujuan LDK ini adalah Mengembangkan dan meningkatkan mutu kepemimpinan dan cara berorganisasi siswa yang baik. Memberikan bekal kecakapan dan ketrampilan berorganisasi yang berguna bagi peserta, sekolah dan lingkungan. Melatih peserta dalam penyusunan program kerja dan kegiatan.

Pengurus OSIS menjadi perwakilan kelas 7, 8, dan 9. bukan hanya sebagai boneka, tetapi harus mampu menjadi tauladan/contoh dan menjadi narasumber bagi OSIS yang lain dan kepada adik – adik kelasnya. Anak – anak yang berpotensi menjadi salah satu bekal ke jenjang berikutnya yaitu jenjang SMA dan Mahasiswa. Peran masing – masing dimaksimalkan supaya menjadi pengalaman yang berkesan saat di perkuliahan ataupun di masyarakat. Sesuai visi dan misi yaitu menciptakan sekolah berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa. Menciptakan pengurus OSIS yang berdedikasi tinggi.

Penyematan tanda peserta dilakukan oleh Kepala Sekolah dan diwakili dua siswa yaitu Vinolia Volin Sagita kelas 8A, Adiputra Aryasena kelas 8B. Dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Najwa Maharani PD, kelas 9E.

Kegiatan hari pertama diisi oleh Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. tentang Dasar – Dasar Kepemimpinan. Hakekat kepemimpinan adalah proses mempengaruhi orang lain serta menginspirasi, memotivasi dan mengarahkan kegiatan untuk mencapai tujuan yang dibangun dan dimiliki bersama. Tugas pokok kepemimpinan berupa mengantarkan, mempelopori, memberi petunjuk, mendidik, membimbing dan lain sebagainya. Kompetensi Kepemimpinan dengan filosofi “LIMA JARI” yaitu kompetensi teladan, kewenangan menghukum, kewenangan menghargai, kewenangan yang sah, dan kompetensi keahlian.

Sedangkan kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd. mengisi materi tentang SRA dan Profil Pelajar Pancasila. Namun karena Kepala Sekolah ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan, maka penyampaian materi digantikan oleh Prico Diana Dewi, S.Pd.MH. Sekolah Ramah Anak (SRA) yang pertama muncul dalam benak adalah ramah yang artinya baik hati, menarik budi bahasanya, manis tutur kata dan sikapnya. Intinya sikap yang saling mengasihi dan menghormati sesame manusia untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik karena kita adalah manusia sosial yang butuh orang lain.

ldk smpn 8 surakarta

Sedangkan Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki semangat belajar sepanjang hayat, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai – nilai Pancasila. Enam ciri utamanya yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Selanjutnya untuk hari ke dua materi tentang Motivasi dan Pendidikan Karakter oleh Sri Triwulan, S.Pd.. Dalam penyajiannya, disampaikan kata – kata motivasi antara lain selalu lakukan perubahan kecil kearah yang lebih baik, kalahkan kebiasaan buruk dan kembangkan kebiasaan baik, syukuri hal – hal yang kita miliki, selalu besikap sopan dan baik dalam hidup.

Agama dan Budi Pekerti oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I, F. Nita Purwaningsih, S.Ag. Budi pekerti merupakan sikap dan perilaku individu, keluarga, ataupun masyarakat yang saling berkaitan dengan etika dan nilai norma. Disampaikan bahwa budi pekerti digunakan untuk menyatakan akhlak, tabiat, perangai, tingkah laku seseorang. Misalnya jika bertemu Guru, memberi salam, tidak mengejek/menghina teman, mendengarkan Guru saat pelajaran berlangsung.

Peserta yang mengikuti LDK sejumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan pengurus OSIS tahun pelajaran 2022/2023. Tujuannya adalah untuk mencetak peserta didik SMPN  8 Surakarta yang berkarakter tersebut dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. LDK tersebut dilakukan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan kepada pengurus OSIS.

ldk smpn 8 surakarta

Acara penutupan pada hari Rabu, 25 Januari 2023 jam 15.00 WIB. oleh Waka Kesiswaan SMPN  8 Surakarta, Prico Diana Dewi, S.Pd.MH., dengan harapan agar pengurus OSIS mampu merencanakan program yang akan dilaksanakan OSIS satu tahun ke depan sebagai bentuk kerjasama menuju sukses. Pengurus OSIS harus mampu menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan teman – temannya.

“Harapan kepada pengurus baru OSIS untuk lebih kreatif, dapat menjalankan tugas – tugas dengan baik, amanah, semakin hebat dan berkelas. Selain itu juga mampu menciptakan inovasi – inovasi kreatif mengenai program kerja baru yang sebelumnya belum pernah terlaksana.

Semangat untuk Depanska Jaya!” harapnya.

Sie Publikasi SMPN 8 Surakarta: Dra. Sri Suprapti

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

January 2023
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031