Pendidik SMPN 8 Surakarta Ikuti Program Guru Merdeka Belajar

Guna membantu guru dan satuan pendidikan memahami konsep guru merdeka belajar, SMP Negeri 8 Surakarta menggelar program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd menjelaskan, program tersebut juga bermanfaat bagi guru untuk mengembangkan karier serta meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri.

“Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar ini dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya sebagai pendidik,” jelas Triad Suparman, seperti dikutip dalam rilisnya ke https://smpn8solo.sch.id/.

Dalam rilisnya, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta, Sri Suprapti menjelaskan, bahwa untuk mengikuti bimbingan teknis dalam program tersebut, peserta harus mendaftar melalui laman http://gurubelajar.kemdikbud.go.id.

Lebih lanjut, Triad menjelaskan, sekarang ada kecenderungan guru sering memiliki banyak tugas dan tanggung jawab, baik yang terkait dengan pembelajaran maupun administrasi.

Pendidik malah sering mengikuti banyak pelatihan,  namun tidak semua pelatihan yang diikutinya itu sesuai dengan kebutuhannya.

Dampaknya, banyak Pendidik merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun.

Program guru belajar dan berbagi seri Guru Merdeka Belajar adalah program yang bertujuan untuk membantu Pendidik mendapatkan kunci pengembangan diri, kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Salah satu peserta guru Matematika, Budhy Iriani, S.Pd mengaku senang bahwa dalam merdeka belajar guru bebas menentukan model pengajaran, tujuan, cara dan penilaian belajarnya.

Budhy menyadari bahwa modal utama seorang guru itu adalah dirinya sendiri. Bagaimana seorang Pendidik bisa mengetahui dan memahami karakter peserta didik, keterlibatan peserta didik.

“Bagaimana pula menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga nanti alumni bisa tetap mengenangnya sebagai sosok guru yang baik,” ujarnya.

Sementara di akhir paparannya, Triad Suparman menekankan pencapaian cita-cita Pendidik oleh diri sendiri,  dan itu hanya dapat dilakukan dengan empat kunci, yakni: kemerdekaan, kompetisi, kolaborasi dan karier.

sie publikasi: Sri Suprapti,S.Pd,M.Pd

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031