Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) Hari ke 2 di SMP N 8 Surakarta Berlangsung Lancar dan Sukses

oleh: MURNI, S.Pd

Hari ini ( Rabu, 24 Maret 2021 ) SMP N 8 Surakarta yang dipimpin oleh Kepala SMP N 8 Surakarta, Bp. Triad Suparman, M.Pd melaksanakan uji coba PTM hari ke 2. Pekasanaan hari ini merupakan pelaksanaan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) hari ke 2 di lingkungan SMP N 8 Surakarta. Seperti pada pelaksanaan uji coba hari pertama kemarin ( Selasa, 23 Maret 2021 ), siswa yang mengikuti kegiatan hari ini terlihat sangat antusias dan penuh semangat, terdiri atas 2 kelas , yaitu IX C dan IX D.  Siswa yang hadir pada kegiatan uji coba hari ini seharusnya  sebanyak 64 siswa, tapi yang datang mengikuti kegiatan hanya 58 siswa , sedangkan 6 siswa ijin tidak hadir.

Uji Coba PTM di SMP N 8 Surakarta dilaksanakan dengan menggunakan Protokol Kesehatan yang ketat. Hal itu dapat terlihat pada saat siswa memasuki lingkungan sekolah. Setiap siswa yang datang yang kebanyakan diantar orang tuanya, akan diarahkan oleh petugas untuk cek suhu tubuh. Pada saat yang bersamaan, orang tua dimohon menunggu sebentar. Ketika hasil dari alat pengukur suhu tubuh menunjukkan suhu normal ( tidak lebih dari 37°C ), maka orang tua pengantar bisa meninggalkan putra putrinya. Siswa yang tidak lolos screening pengecekan suhu tubuh ( suhu tubuhnya diatas 37°C ), maka yang bersangkutan dimohon untuk ikut pulang bersama orang tuanya dan mengikuti pembelajaran dari rumah ( DARING ). Sedangkan siswa yang lolos screening pengecekan suhu tubuh ( suhu tubuhnya dibawah 37°C ) selanjutnya dipersilakan untuk mencuci tangan. Tempat cuci tangan disediakan dibeberapa tempat, hal itu menghindari agar tidak terjadi kerumunan. Selanjutnya siswa diarahkan memasuki halaman sekolah, dan disambut oleh beberapa orang guru,yang sebagian besar adalah Guru BK SMP N 8 Surakarta. Ketika siswa memasuki halaman sekolah, yang bersangkutan akan disambut oleh Bp Radiyatmoko, S.Pd, yang pada kegiatan uji coba kali ini beliau bertugas untuk membagikan Face Shiled kepada setiap anak. Face sield disarankan untuk digunakan langsung oleh siswa yang kemudian siswa akan menuju halaman untuk menunggu kegiatan Apel Pagi.

Apel Pagi uji coba PTM dimulai pukul 07.30 WIB yang dipimpin langsung oleh Kepala SMP N 8 Surakarta Bp Triad Suparman, M.Pd. Dalam kesempatan apel tersebut, Kepala Sekolah menyampaikan rasa terima kasih dan rasa senang karena siswa SMP N 8 Surakarta tetap mematuhi ketertiban dengan menggunakan seragam yang baik dan benar, tidak datang terlambat dan yang terpenting, anak-anak tetap mematuhi protokol kesehatan. Pukul 07.55 WIB apel tersebut selesai, dan oleh Waka Kesiswaan SMP N 8 Surakarta ( Ibu Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd ) siswa selanjutnya diarahkan memasuki kelas dengan teratur. Di dalam kelas sudah siap beberapa guru pendamping yang bertugas menjaga ketertiban siswa sambil menunggu guru pemberi materi pelajaran memasuki kelas. Pelajaran yang diterima siswa dalam uji coba hari ini terdiri atas 2 mapel, yaitu Matematika dan IPA untuk kelas IX C seangkan kelas IX D mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Setiap pelajaran berlangsung selama 40 menit, tanpa ada jeda waktu istirahat. Pada pukul 09.30 WIB, uji coba berakhir, seanjutnya dengan tertib, siswa dipersilakan untuk pulang. Bagi siswa yang menunggu orang tua untuk menjemput, dihalaman sekolah sudah dipersiapkan kursi yang bisa digunakan untuk siswa menunggu. Satu persatu siswa pulang dengan dijemput orang tua masing masing.

Kegiatan uji coba PTM di SMP N 8 Surakarta hari ini ( Rabu, 24 Maret 2021 )  dihadiri oleh Dewan Pendidikan Kota Surakarta ( diwakili oleh Dr. Harbono Dipuro, S.Kar, M.Si ) dan Komite Sekolah ( diwakili oleh Ibu Yennik Murwani, S.Pd ). Dewan Pendidikan Surakarta menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pihak sekolah yang telah mempersiapkan uji coba PTM hari ini dengan sangat matang. Beliau juga memberikan pesan agar SMP N 8 Surakarta jangan sampai teledor dan kendor dalam menjaga dan menerapkan protocol kesehatan di lingkungan SMP N 8 Surakarta agar kedepannya PTM segera dapat dilaksanakan secara penuh, tidak hanya bagi kelas IX, tapi juga kelas VII dan VIII.

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031