Inovasi SMPN 8 Surakarta, Studio Musik Dilengkapi Studio Pembelajaran Daring

Inovasi SMPN 8 Surakarta, Studio Musik Dilengkapi Studio Pembelajaran Daring

Solo- majalahlarise.com -Pandemi Covid-19 yang belum tahu sampai kapan hilangnya harus mengalihkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring atau online. Untuk memperlancar proses pembelajaran diperlukan inovasi dan kreativitas bapak dan ibu guru membuat konten materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Untuk itulah SMPN 8 Surakarta merenovasi studio musik dilengkapi studio pembelajaran daring.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/3/2021) menjelaskan studio pembelajaran daring ini digunakan bapak ibu guru membuat konten video pembelajaran yang dibantu oleh tim IT sekolah. Pembangunan renovasi studio juga mendapatkan dukungan dari komite sekolah.

“Pembuatan studio musik dan rekaman ini merupakan impian saya sejak bertugas di SMPN 24 Surakarta dulu dan baru bisa terwujud di SMPN 8 Surakarta. Karena adanya pandemi Covid-19 fungsi studio musik dan rekaman ini untuk pembuatan video pembelajaran oleh guru. Video pembelajaran ada yang langsung dikirim ke siswa ada juga yang di upload channel youtube SMPN 8 Surakarta,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, adanya pembuatan video pembelajaran guru ini merupakan masukkan dari orang tua siswa dan siswa kepada sekolah bahwa guru dalam memberikan materi pelajaran menerangkan lewat video agar mudah dipahami secara jelas materi pelajaran yang diajarkan.

“Dalam proses produksinya memang masih ada sedikit kendala karena membutuhkan proses editing yang memakan waktu agak lama. Untuk menyiasatinya di studio hanya untuk mengambil videonya lalu bapak ibu guru bisa mengedit sendiri lewat aplikasi di handphone,” ungkapnya.

Disampaikan pula, studio pembelajaran daring ini juga bisa digunakan untuk proses rekaman pembuatan lagu oleh paduan suara siswa dan bapak ibu guru. Hal ini sudah dilakukan untuk produksi rekaman lagu antara lain mars penguatan pendidikan karakter, lagu mars SMPN 8 Surakarta, lagu perjuangan, lagu wiwit aku isih bayi, lagu Indonesia Jaya dan seterusnya.

“Ada 7 lagu yang sudah diproduksi rekaman di studio ini dengan melibatkan paduan suara siswa, pelatih paduan suara dan tim recording. Kalau untuk rekaman biasa sudah menghasilkan banyak lagu dari bapak dan ibu guru,” katanya.

Sementara itu, Komite SMPN 8 Surakarta Drs. Suharno, MM saat dikonfirmasi menyampaikan sebagai salah satu anggota komite sekolah SMPN 8 Surakarta sangat mendukung penggunaan studio musik yang pada masa pandemi ini dimanfaatkan untuk pembelajaran daring dan pembuatan sarana media pembelajaran.

“Langkah yang diambil Kepala Sekolah dan bapak ibu guru pantas mendapat apresiasi dan support. Studio musik di SMPN 8 Surakarta termasuk studio besar dan memiliki sarana yang lengkap,” ujarnya.

Disampaikan pula, dengan pembelajaran daring dan pembuatan media belajar di studio musik tersebut, maka para siswa mendapat pembelajaran dengan kualitas terbaik, sehingga belajar menjadi menyenangkan. “Terimakasih bapak ibu guru SMPN 8 Surakarta,” ungkapnya. (Sofyan)

Share Post

Tentang

SMP Negeri 8 Surakarta merupakan salah satu SMP Negeri yang ada di Surakarta, yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto No. 51, Jebres, Kota Surakarta.

Calendar

March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031