10 February 2020

WALANG DAN TONTI Di LANTIK SMP N 8 SOLO

SOLO – Pelantikan Dewan Penggalang dan Peleton Inti ( Tonti ) Pramuka Gugus Depan 04.143 / 04.076 Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta Kwartir Ranting Jebres Surakarta dengan peserta sejumlah 35 anggota Dewan Penggalang dan 46 anggota Peleton Inti.

Dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 7 Februari 2020 pukul 13.00 WIB di halaman SMP Negeri 8 Surakarta Kamabigus Triad Suparman, M.Pd. dengan Pembina Pramuka ; Christina Endah Setyowati, S.Pd., Siti Martabatul Aliyah, S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd. dan Agus Sriwiyono, S.Pd.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega. SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. termasuk kategori Pramuka Penggalang, karena siswanya usia sekitar 11 – 15 tahun.

Perlu diketahui bahwa kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini antara lain keaktifan membina, rajin, tanggung jawab, kreatif dan percaya diri. Dari 60 calon Dewan Galang, peserta harus aktif Pramuka terus selama 3 ( tiga ) bulan. Selain itu harus lolos seleksi Calon Dewan Penggalang ( CdG ), mengikuti kegiatan khusus CdG, mau dan mampu membantu membina pada setiap kegiatan, Ujian Syarat Kecakapan Umum ( SKU ) sampai Rakit.

Dewan Penggalang adalah anak-anak yang mengabdikan diri kepada Pembina dalam kegiatan kepramukaan. Dewan Penggalang ini untuk kelas VIII ( delapan ). Sedangkan untuk Pleton Inti ( Tonti ) khusus kelas VII ( tujuh ) adalah anak-anak yang mengabdikan diri dalam kegiatan Pramuka untuk menggantikan Dewan Penggalang.

Dalam sambutan acara pelantikan Kamabigus SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. dengan menggunakan seragam Pramuka lengkap berwarna coklat tua dan coklat muda, topi, hasduk, mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Penggalang juga menyampaikan agar semangat dalam pengabdian.

Disampaikan juga bahwa mengikuti Pramuka jangan merasa terpaksa tetapi ikutilah dengan gembira dan selalu mengasah ketrampilan. Materi yang ada harus dikuasai yaitu menyangkut teori dan praktek misalnya sandi morse, semaphore, tali temali. Anggota Pramuka harus mempunyai jiwa mandiri. Menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari, khususnya hemat, cermat dan bersahaja.

Sebagai Kamabigus Triad Suparman, M.Pd. di dalam pelantikan, membacakan janji / ikrar dan ditirukan oleh peserta yang sedang dilantik sambil memegang hasduk ditempel di dada sebelah kiri. Pembina Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta Christina Endah Setyowati, S.Pd melaksanakan tugas penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan Penggalang periode 2018/2019 kepada Dewan Penggalang periode 2019/2020. Di saat Kamabigus melantik Pembina Pramuka Christina Endah Setyowati, S.Pd. membacakan berita acara dan menyebutkan nama-nama peserta yang dilantik.

Kegiatan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta yang dijadikan ekstrakurikuler di setiap hari Jumat merupakan kegiatan yang dapat membantu membentuk karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih berani, tangguh dan bertanggung jawab. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka sesuai visi sekolah bahwa Peserta Pramuka memiliki kepribadian yang berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa.

Sebagai penutup sekaligus harapan lebih lanjut disampaikan oleh Kamabigus bahwa pada pundak adik-adik Pramukalah citra SMP Negeri 8 Surakarta disematkan, sebab kalian sebagai pelopor penegakan disiplin dan sebagai corong sekolah dalam rangka mensosialisasi program sekolah baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. (*)

Video: http://gg.gg/pelantikan-tonti

Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta – http://gg.gg/walang-tonti8

Share Post